Jerawat dan diabetes

jerawat dan diabetesApakah kedua jenis gangguan kesehatan itu saling berkaitan, pada umumnya tidak, namun pada beberapa kasus tertentu jerawat bisa menjadi gejala atau tanda terjadinya masalah pada gula darah.

Untuk mengupas lebih dalam lagi tentang keduanya, kali ini kita akan membahas tentang berbagai kemungkinan jerawat yang menjadi salah satu tanda serangan diabetes.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai hubungan jerawat dan diabetes seperti dikutip dari American Academy of Dermatology.

Kemungkinan

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama American Diabetes Association menemukan bahwa hampir sepertiga pasien diabetes mengalami masalah kulit seperti jerawat dan bintik-bintik hitam.

Oleh sebab itu selalu ada kemungkinan masalah jerawat parah yang diderita merupakan bagian dari tanda diabetes. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa kesigapan kita dalam memperlakukan hal tidak wajar sangat penting peranannya.

Maksudnya adalah, bila ada hal-hal aneh seperti jerawat yang tidak kunjung sembuh atau penyakit yang tidak normal maka segeralah untuk memeriksakan kondisi kita pada dokter terkait untuk mengetahui apa yang sedang kita alami sehingga dapat mengambil tindak pengobatan secepat mungkin.

Identifikasi

Jerawat parah yang menimpa seseorang berumur 40 tahun lebih dan sulit untuk disembuhkan biasanya mengindikasikan adanya serangan diabetes, teori ini didasarkan oleh American Academy of Dermatology yang menyatakan bahwa saat seorang pasien jerawat berumur 40 tahun lebih memeriksakan dirinya maka dokter juga akan memeriksa gula darah pasien tersebut.

Namun tidak semua jerawat dapat digolongkan parah, hanya beberapa gangguan tertentu sajalah yang dapat disebut kronis atau parah. Untuk mengetahui tanda atau ciri-ciri jerawat parah silahkan buka halaman berikut ini [Baca: Solusi untuk jerawat parah].

Perawatan

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk mengatasi bakteri dan kuman penyebab penyakit tersebut. Hal ini agar infeksi akibat bakteri dapat dicegah dan dikurangi.

Terapi laser juga mungkin digunakan untuk mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus mengatasi masalah peradangan yang dapat memperburuk kondisi pasien.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan hampir sama dengan apa yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Oleh sebab itu silahkan baca kembali artikel tersebut untuk mengetahui secara detail bagaimana langkah tersebut dijalankan.

Waktu atau lama pengobatan bisa berfariasi tergantung dari tingkat keparahannya, bisa dalam hitungan bulan atau bahkan tahun.

Langkah pencegahan

Pencegahan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan jerawat biasa, yaitu rajin membersihkan wajah dan menghindari semua makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Namun bila jerawat yang diderita akibat gangguan diabetes maka salah satu cara yang tidak boleh dilupakan adalah dengan memastikan gula darah tetap di bawah ambang batas norrmal.

Bila kadar gula tersebut dapat kita kontrol maka niscaya gangguan kulit semacam itu dapat kita hindari sejauh mungkin.

tags: