Jangan Lakukan Ini Pada Rambut Keriting

Pada Rambut KeritingRambut keriting memang sedikit sulit diatur, jika perawatannya kurang tepat maka banyak masalah yang mungkin harus dihadapi. Untuk itu perawatan yang tepat sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari, hindari pula berbagai kesalahan yang paling sering dilakukan pada rambut keriting.

Banyak hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan pada rambut keriting, beberapa diantaranya akan kami ulas di sini. Berikut adalah hal yang tidak boleh dilakukan pada rambut keriting seperti dikutip oleh beberpa sumber.

Terlalu sering menggunakan sampo

Hampir semua sampo mengandung sodium lauryl sulfate yang menjadi bahan utama dalam membersihkan rambut. Bahan ini memang sangat efektif dalam menghilangkan segala kotoran, debu dan minyak dari kulit kepala. Sayangnya penggunaan terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya kelembaban alami kulit kepala sehingga rambut akan menjadi kering.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah utama rambut keriting adalah lebih kering dibanding jenis rambut lainnya, oleh sebab itu jenis ini cenderung lebih sulit diatur. Jika kadar kelembaban semakin menipis maka masalah lain akan segera datang dan terpenting adalah rambut akan semakin sulit diatur.

Tidak menggunakan kondisioner

Penggunaan kondisioner pada umumnya bertujuan untuk memberikan tambahan kelemaban pada kulit kepala, jika diamati lebih dalam maka rambut keriting lebih membutuhkan kondisioner dibanding jenis lainnya.

Kesalahan paling umum yang banyak dilakukan orang adalah jarang atau tidak pernah sama sekali menggunakan kondisioner. Kesalahan ini tidak seharusnya dilakukan lagi, terutama bagi anda yang memiliki rambut ikal.

Menggosok dengan handuk

Untuk jenis rambut papaun, menggosok rambut dengan handuk dengan tujuan mengeringkannya sangat tidak dianjurkan. Langkah ini hanya akan merusak kutikula rambut yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan.

Oleh sebab itu hentikan kebiasaan ini, biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Ini jauh lebih aman dibanding harus menggosokkan handuk.

Salah memilih produk

Kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan banyak orang adalah salah dalam memilih suatu produk perawatan, penggunaan produk yang salah dapat menyebabkan kerusakan parah.

Oleh sebab itu hindari penggunaan produk sampo atau kondisioner yang tidak dirancang secara khusus untuk jenis rambut yang kita miliki. Perhatikan baik-baik label yang ada pada produk tersebut, dari sini saja kita akan mengetahui cocok atau tidaknya produk tersebut.

Menggunakan hair dryer

Hair dryer memang bisa digunakan untuk segala jenis rambut, namun khusus untuk rambut keriting sangat tidak dianjurkan karena bukan rahasia lagi jika perangkat ini dapat membuat rambut kering.

Rambut kering adalah masalah utama pada rambut keriting sehingga hal apapun yang dapat memperparah keadaan hendaknya dihindari sejauh mungkin.

Menyentuhnya

Hentikan kebiasaan ini, jangan menyentuh rambut dengan tangan jika memang tidak ada kepentingan. Tangan penuh dengan bakteri dan kuman yang dapat menginfeksi kulit kepala dan menyebabkan kerusakan.

tags: ,