Jangan Biarkan Ketombe Melemahkan Semangatmu

tentang ketombeKetika seseorang mendapati banyak serpihan kecil berwarna putih di bahu dan sela-sela helaian rambutnya, maka seketika itu pula ia tahu benar bahwa ada sesuatu yang salah pada kulit kepalanya. Meskipun masalah ini tidak menyebabkan kematian namun jelas sangat mengganggu dan cukup memalukan.

Oleh sebab itu tidak sedikit orang yang merasa semangatnya hilang seketika ketika mengetahui ini, apalagi jika kondisi ini menimpa publik figur, jelas sangat merugikan dan mengganggu segala aktifitasnya.

Sebenarnya apa itu ketombe dan apa saja penyebabnya? Di halaman ini kami secara khusus menjelaskan tentang ketombe dan seluruh hal yanhg terkait dengannya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ketombe mulai dari pengertian, penyebab dan cara mengatasinya baik dengan cara alami maupun cara medis.

Pengertian

Ketombe merupakan sel kulit mati yang mengelupas, sel ini bisa berada di kepala, leher, telinga atau bagian tubuh lainnya. Oleh sebab itu ketombe tidak hanya terjadi di kepala namun juga pada bagian tubuh lainnya.

Pengelupasan tersebut adalah hal alami dan dialami oleh siapapun, namun di saat-saat tertenu intensitasnya bertambah karena berbagai hal seperti faktor kesehatan yang menurun dan lain-lainnya, untuk mengetahui penyebabnya, silahkan baca tulisan ini sampai selesai.

Penyebab

Tidak ada satu imuan pun yang mengetahui secara pasti tentang penyebab ketombe, namun beberapa ilmuan menduga ada kaitan antara produksi minyak berlebih dan gangguan ini. Produksi minyak berlebih biasanya dialami oleh kalangan remaja, maka dari tidak mengherankan bila gangguan ketombe bisa berbarengan dengan masalah jerawat.

Selain produksi minyak berlebih, penggunaan sampo yang tidak tepat juga dituding menjadi salah satu pemicunya. Tanda awal yang biasa ditemukan pada kasus ini adalah rasa gatal di kulit kepala dengan disertai kulit bersisik.

Faktor lain yang diduga kuat menjadi penyebab ketombe adalah stres, karena ketika seseorang mengalami stres maka tanpa disadari produksi minyak akan meningkat tajam.

Pengobatan

Karena ini adalah proses alami tubuh, maka bahasa yang paling tepat digunakan adalah mengontrol dan mengendalikannya. Para ahli berpendapat bahwa ketombe tidak dapat disembuhkan, akan tetapi dapat dikendalikan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah berhenti menggunakan minyak rambut, minyak berlebih pada kulit kepala bukan saja dapat membuat kulit mudah mengelupas namun juga menjadi tempat favorit jamur berkembang biak.

Gunakan sampo pelembab jika masalah yang kita alami diakibatkan oleh rambut kering, perlu diketahui masalah ini sering menimpa orang berambut kering.

Namun jika ketombe yang dialami diakibatkan oleh adanya jamur tertentu, maka langkah paling tepat adalah menggunakan sampo atau produk perawatan rambut yang mengandung senyawa anti jamur seperti ketokonazole, produk ini bisa kita temukan di apotik terdekat. Namun konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara alami

Sediakan satu butir telur dan ambil putihnya, tuangkan ke dalam cangkir dan campurkan dengan yogurt secukupnya. Aduk hingga rata dan membentuk pasta. Oleskan pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit, bilas sampai bersih dengan sampo ringan.

Lidah buaya bisa digunakan untuk mengendalikan ketombe, caranya cukup ambil bagian dalam tanaman ini lalu dioleskan secara merata ke kulit kepala dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air.

tags: