Isotretinoin, Pengobatan Jerawat Paling Efektif Untuk Jerawat Parah

Pengobatan JerawatBanyak obat atau resep untuk menghilangkan jerawat yang telah diketahui oleh manusia, sebagian diantaranya telah terbukti namun sebagian lainnya tidak terbukti baik secara medis.

Dari beberapa yang telah terbukti secara medis dapat menghilangkan jerawat adalah benzoil peroksida dan asam salisilat, obat jerawat yang mengandung salah satunya atau keduanya dianggap mampu mengatasi masalah jerawat secara efektif.

Namun keduanya bukanlah satu-satunya senyawa yang efektif dalam menghilangkan jerawat membandel karena pakar medis memberikan solusi alternatif untuk mengatasi masalah abadi manusia ini.

Alternatif dari keduanya adalah isotretinoin, isotretinoin bahkan dianggap lebih efektif dalam mengobati jerawat yang masuk dalam level parah atau kronis.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengobatan jerawat dan mana yang dianggap paling efektif dalam mengatasi masalah kulit tersebut.

Apa itu isotretinoin?

Isotretinoin merupakan salah satu obat jerawat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat yang telah parah dan setelah semua metode pengobatan mengalami kegagalan. Namun karena sifatnya sangat keras dan bisa membahayakan pasien maka ada hal penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya.

Pertama adalah kita harus memberitahu kepada dokter tentang kondisi medis, terutama bagi orang yang mengidap penyakit diabetes, penyakit jantung, liver, stres dan asma.

Hal di atas bertujuan agar dokter memiliki pertimbangan dan saran tentang bagaimana kita seharusnya menggunakan obat tersebut agar tetap aman bagi tubuh dan kesehatan.

Cara penggunaan dan penyimpanannya

Perlu diketahui bahwa ini bukanlah obat yang banyak dijual bebas di toko obat, kepemilikannya harus sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

Sedangkan untuk tempat penyimpanannya, jauhkan dari lemari pendingin dan jangkauan anak-anak. Jangan pula menyimpannya di tempat hangat apalagi bersuhu tinggi.

Setelah penggunaan obat ini maka kita dilarang untuk mendonorkan darah dalam 1 bulan ke depan karena berbagai macam pertimbangan medis.

Apa yang harus dilakukan selama masa pengobatan

Hal yang wajib dilakukan oleh pasien adalah selalu terhubung dengan dokter karena berapa banyak isotretinoin harus digunakan hanya dokterlah yang bisa memutuskan, sekali lagi kami ingatkan bahwa ini adalah obat yang sangat keras sehingga jangan digunakan sembarangan.

Pengobatan mungkin membutuhkan 15 sampai 20 minggu tergantung dari seberapa krnois jerawat yang kita derita. Tnada pertama isotretinoin mulai bekerja adalah pada saat penggunaan pertama, jerawat akan bertambah parah namun ini hanya reaksi sesaat saja.

Apa efek samping isotretinoin?

Efek yang mungkin dialami oleh pasien saat menggunakan isotretinoin meliputi:

  • Mudah terluka
  • Bibir dan kulit lebih kering
  • Pengelupasan kulit pada telapak tangan dan kaki
  • Mata merah
  • Sensitif terhadap sinar matahari
  • Penipisan pada rambut
  • Nyeri otot
  • Gusi berdarah
  • Mimisan

Di atas adalah beberapa efek samping yang mungkin didapati oleh pasien saat pengobatan berlangsung, untuk meringankan gejala di atas, dokter biasanya akan memberik beberapa saran yang harus dipatuhi.

tags: , ,