Ini yang Terjadi Ketika Anda Berhenti Menggunakan Sampo

berhenti menggunakan sampoPernahkah anda membayangkan bagaimana jika di dunia ini tidak ada sampo? Mungkin pertanyaan yang pertama kali muncul adalah seberapa kotor rambut kita nanti jika sampai tidak ada produk yang dapat digunakan untuk membersihkannya.

Rambut akan mulai terasa lepek dan berminyak setelah tiga atau empat hari tidak dicuci dengan sampo, lalu bagaimana jadinya jika sampai seminggu, sebulan atau bahkan setahun tidak dicuci?

Mungkin jawaban yang pertama kali terpikir di benak saudara sekalian adalah betapa kotor, lepek dan berminyaknya rambut tersebut.

Terlepas dari apa yang terlintas di pikiran kita, seorang pakar penata rambut justru berpendapat lain tentang hal ini. Tegasnya rambut dianggap akan jauh lebih baik jika penggunaan sampo dihentikan.

Anda tentu terheran-heran dengan pernyataan salah satu pakar rambut tersebut, namun jangan berprasangka buruk terlebih dahulu sebelum mengetahui semua alasan yang dikemukakannya di bawah ini.

Berikut adalah apa yang akan terjadi pada rambut jika anda berhenti menggunakan sampo, keterangan dikuti dari pernyataan Michael Duenas,  seorang pakar rambut kenamaan asal Amerika.

Menurut Michael Duenas, sampo memang berguna untuk membersihkan rambut dari segala macam kotoran dan debu baik yang menempel di helaian rambut maupun di kulit kepala.

Sayangnya ada hal buruk yang terjadi namun tidak disadari oleh penggunanya, salah satunya adalah mengikis sebum atau minyak alami yang diproduksi oleh tubuh untuk melembutkan dan menguatkan rambut.

Karena sebum terkikis oleh zat yang terkandung dalam sampo, maka tubuh dengan sendirinya akan memproduksi minyak lebih banyak lagi sebagai bagian dari proses adaptasi.

Yang terjadi adalah kita akan memiliki ketergantungan terhadap sampo karena jika dua atau tiga hari saja tidak mencuci rambut dan kulit kepala dengan sampo maka rambut seperti berminyak dengan disertai rasa gatal.

Lalu bagaimana jika penggunaan sampo dihentikan sama sekali? Setelah penggunaan sampo dihentikan selama beberapa bulan, ini yang akan terjadi menurut Michael Duenas:

Produksi minyak atau sebum pada kulit kepala akan berkurang

Perlu diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud ‘bagian dari proses adaptasi’ yang disebutkan di atas. Ketika anda menggunakan sampo maka minyak atau sebum di kulit kepala akan ikut terkikis, oleh sebab itu tubuh akan memproduksi minyak dalam jumlah besar.

Hal ini terjadi karena minyak selalu dibersihkan secara teratur sehingga tubuh akan memproduksinya kembali untuk menjaga kelembaban kulit kepala.

Di minggu-minggu pertama saat berhenti menggunakan sampo, anda merasa rambut seakan lebih berminyak dan kadang disertai rasa gatal.

Jika hal ini didiamkan tanpa mencucinya dengan sampo, maka tubuh akan mengurangi produksi minyak pada kulit kepala secara otomatis.

Rambut akan lebih berkilau

Jika tahap di atas berhasil anda lewati, maka di minggu-minggu selanjutnya rambut akan terasa lebih berkilau, dan percaya atau tidak menurut Duenas, anda tidak akan mengalami masalah dengan rambut berminyak dan kotor lagi.

Ketika terkena debu atau memang sudah saatnya dibilas, anda cukup menggunakan air dan gunakan ujung jari untuk membersihkan helaian rambut.

Kelebihan lain dari tidak menggunakan sampo adalah warna dasar rambut akan bertahan lebih lama, berbeda ketika menggunakan sampo saat mencucinya, karena faktanya banyak sampo mengandung bahan deterjen sehingga dapat memudarkan warna alami rambut.

Bagaimana, anda tertarik ingin mencobanya?

tags: ,