Ini yang Harus Diketahui Tentang Jerawat

harus diketahui tentang jerawatMeskipun masalah jerawat sangat umum terjadi di masyarakat, namun hanya beberapa orang saja yang mengetahui seluk-beluk tentang pengertian jerawat. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang jerawat dan apa saja hal yang berhubungan dengannya.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jerawat dan apa saja hal yang perlu diketahui tentang ‘penyakit’ kulit ini.

Definisi jerawat

Jerawat adalah gangguan yang menyerang kulit karena berbagai faktor, berbentuk bintik hitam dalam skala rendah dan berbentuk bejolan serta bersisi nanah dalam skala parah atau kronis.

Bintik hitam sering juga dinamakan dengan komedo yang bila tidak segera diatasi berubah menjadi benjolan-benjolan kecil di permukaan kulit dan beresiko terhadap kerusakan jaringan kulit.

Silahkan baca dan pelajari lebih lanjut tentang faktor apa saja yng diduga kuat memicu masalah jerawat di halaman ini.

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat?

Jika jerawat masih berbentuk bintik hitam atau komedo, lakukan perawatan sederhana untuk mencegah berkembangnya jerawat. Cara pertama adalah dengan membersihkan atau membasuh bagian komedo dengan pembersih wajah ringan dua kali sehari. Selain itu ini adalah saat yang tepat untuk mulai menggunakan krim anti jerawat, jangan tunggu sampai komedo berubah bentuk menjadi benjolan-benjolan kecil karena akan lebih sulit dihilangkan.

Namun jka gangguan tersebut muncul di punggung atau pada bagian selain wajah, mungkin penggunaan antibiotik perlu dilakukan. Konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan antibiotik tersebut.

Silahkan pelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara mengendalikan masalah jerawat dan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat di sini.

Kenapa saya berjerawat?

Banyak hal dan faktor yang menjadi alasan kenapa seseorang bermasalah dengan jerawat, salah satunya adalah perubahan hormon secara drastis sehingga terjadi ketidakstabilan.

Kondisi di atas membuat tubuh memproduksi lebih banyak minyak dan minyak berlebih berpotensi menyumbat pori-pori. Bila kondisi tersebut terus terjadi dan tidak ditindaklanjuti dengan benar maka dalam beberapa hari atau minggu kemudian jerawat akan mulai muncul di permukaan kulit.

Silahkan baca di halaman ini untuk mengetahui jawaban lengkap atas pertanyaan kenapa saya berjerawat, baca pula mitos yang banyak diyakini kebenarannya oleh masyarakat dalam artikel berikut.

Siapa saja yang beresiko terhadap jerawat?

Semua orang memiliki resiko yang sama baik pria ataupun wanita, kecil, muda ataupun tua. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kalangan remaja yang usianya berkisar antara 11 hingga 30 tahun lebih sering bermasalah dengan persoalan tersebut.

Lebih dari 80% penderita jerawat terdiri dari orang bersusia 11 hingga 30 tahun. Untuk perempuan, masalah ini biasanya kerap kali muncul ketika berusia 14 sampai 17 tahun, sedangkan untuk pria biasanya muncul di usia 16 sampai 19 tahun.

tags: , ,