Ini Dia, Lima Manfaat Eksfoliasi Untuk Kulit

manfaat eksfoliasi untuk kulitUntuk menjaga kulit tetap bersinar dan sehat, dibutuhkan berbagai metode perawatan mulai dari yang paling sederhana sampai dengan teknik perawatan yang terbilang rumit.

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit termasuk salah satu metode perawatan kulit dasar, metode ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus pergi ke salon kecantikan.

Berbagai tutorial mungkin sudah pernah anda baca mengenai cara melakukan eksfoliasi, kali ini kami tidak akan menerangkan tentang cara-cara tersebut. Kami hanya akan menjelaskan hal penting dan manfaat eskfoliasi untuk kulit.

Berikut adalah lima manfaat eksfoliasi untuk kulit seperti kami kutip dari berbagai sumber.

Mempercepat regenerasi kulit

Manfaat ini diyakini oleh seorang ahli kulit bernama Daron Hope, ia menyatakan bahwa pengelupasan kulit secara teratur dapat mempercepat dan meningkatkan proses regenerasi permukaan kulit.

Namun ia juga mengingatkan bahwa pengelupasa kulit yang dilakukan terlalu keras justru dapat memicu kerusakan atau efek samping.

Menghilangkan sel kulit mati

Seiring bertambahnya usia, maka proses regenerasi dan pergantian sel kulit akan mulai melambat. Efek dari itu semua adalah semakin banyaknya tumpukan sel kulit mati di bagian permukaan.

Kulit akan tampak kusam dan jauh dari menarik, eksfoliasi adalah salah satu jalan untuk mengatasi itu semua. Dengan menghilangkan tumpukan sel kulit mati maka jaringan sel kulit baru akan menggantikan jaringan lama.

Mencerahkan kulit

Seperti dijelaskan di atas bahwa seiring bertambahnya usia seseorang maka proses regenerasi kulit menjadi lambat, permukaan kulit akan dipenuhi oleh sel kulit mati sehingga akan tampak kusam dan tidak bercahaya.

Untuk mengembalikan kecerahan kulit tersebut, salah satunya adalah dengan mengangkat sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati biasa juga disebut eksfoliasi.

Mengangkat kotoran

Bukan hanya sel kulit mati saja yang dapat terangkat, namun juga kotoran dan debu yang menempel. Ini berguna untuk memberikan kesempatan bagi kulit untuk bernafas.

Meremajakan kulit

Beberapa jenis keriput dan tanda penuaan di wajah bisa juga dikurangi dengan metode perawatan kulit ini, dengan syarat dilakukan secara benar dan mengikuti anjuran para ahli.

Kelima manfaat eksfoliasi untuk kulit di atas hanya bisa didapat jika dilakukan dengan benar, perlu diingat bahwa eksfoliasi terlalu sering justru dapat berdampak buruk bagi kulit.

Lakukan ekfoliasi maksimal dua kali seminggu, lebih dari itu bisa membuat iritasi kulit atau munculnya gejala alergi bagi kulit sensitif.

tags: ,