Ingin Tahu Bagaimana Produk Kecantikan Dibuat?

bagaimana produk kecantikan dibuatMungkin kita pernah bertanya-tanya tentang bagaimana produk kecantikan yang kita gunakan itu dibuat dari permulaan hingga berubah menjadi sebuah produk yang kini bisa digunakan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami jelaskan beberapa tahap dan proses bagaimana produk kecantikan dibuat oleh produsen.

1. Pencarian bahan dasar

Pernahkah anda tahu bahwa dalam satu produk saja bisa mengandung 25 sampai 75 bahan? Bahan ini mereka atau produsen dapatkan dari berbagai tempat atau negara. Adapun penetapan bahan apa saja yang nanti akan digunakan, tim farmasilah yang bertanggungjawab untuk memutuskan hal tersebut.

Semakin sulit dan langka bahan tersebut ditemukan maka semakin mahal pula biaya produksi, ini akan berbanding lurus dengan harga produk tersebut di pasaran.

Sedangkan bahan yang digunakan untuk pembuatan makeup biasanya meliputi geranium, mineral dan tumbuhan alami lainnya yang dibeli dalam jumlah besar dari para petani lokal maupun manca negara.

2. Pengujian di laboratorium

Setelah bahan tersebut ditemukan lalu tahap selanjutnya akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan berbagai metode pengujian. Pengujian ini bertujuan untuk menemukan kombinasi tepat sehingga produk yang dihasilkan nanti dapat memberikan manfaat nyata bagi penggunanya.

Bukan hanya agar manfaat tersebut bisa dirasakan oleh penggunanya, pengujian juga dilakukan agar kombinasi tersebut benar-benar seimbang supaya ketika produk digunakan tidak menimbulkan reaksi negatif pada konsumen seperti iritasi, peradangan, gatal-gatal dan efek samping lainnya.

Semakin baik pengujian dilakukan maka semakin tinggi pula kualitas suatu produk, begitu pula sebaliknya.

3. Proses pengolahan

Tergantung dari produk sepeti apa yang akan dibuat, bila produk tersebut berupa lotion maka bahan akan dipanaskan dalam suhu tinggi dengan dicampurkan air tentunya, namun bila yang dibuat adalah produk berbentuk kering seperti eyeshadow maka tidak ada air dalam proseas pengolahan tersebut.

4. Membuat kemasan

Setelah semua proses tersebut selesai dan hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan maka kini produsen akan fokus pada pemilihan dan pembuatan kemasan yang menarik calon konsumen.

Bukan sembarang kemasan yang bisa digunakan, kemasan harus memiloiki banyak syarat seperti mampu melindungi produk yang ada di dalamnya, mampu membuat produk tersebut tahan lama dan lain sebagainya.

5. Branding dan pemasaran

Pada proses ini maka semuanya akan diambil alih oleh tim marketing atau pemasaran, tim ini bertugas untuk mencari nama yang paling menarik dan unik. Tugas tim ini cukup berat karena produk sebagus apapun tanpa disertai dengan pemasaran yang baik maka akan kalah dengan produk lainnya.

Itulah tahap dan proses pembuatan produk kecantikan dari awal hingga akhir, proses tersebut merupakan proses dasar yang dilakukan oleh setiap perusahaan besar.

Mungkin tidak semua produsen menggunakan seluruh tahapan tersebut, namun sebagian besar produsen tetap menjalankan semua tahapan tersebut demi menjaga kualitas dan mutu produk mereka.

tags: