Ingin Kuku dan Rambut Sehat? Cukupi 5 Kebutuhan Dasar Berikut

kuku dan rambut sehatMengkonsumsi makanan sehat bervitamin tinggi adalah satu cara dari sekian banyak hal yang harus dilakukan untuk mencegah munculnya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu, mempengaruhi kebiasaan tidur seseorang dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun tahukah anda bahwa beberapa makanan tinggi nutrisi dan vitamin dapat meningkatkan penampilan? Percaya atau tidak, berbagai penelitian menemukan adanya makanan tertentu yang dapat meningkatkan kecantikan kulit, rambut dan bahkan merampingkan tubuh.

Kali ini kami akan menguraikan beberapa jenis makanan yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan rambut serta kuku, rambut yang sehat adalah syarat penting yang harus dipenuhi agar penampilan tetap mempesona.

Berikut adalah beberpa hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kuku dan rambut sehat.

1. Protein

Kuku dan rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, oleh sebab itu penting bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan protein harian untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku.

Daging tanpa lemak adalah sumber protein terbaik yang paling sering dianjurkan para ahli. Selain kandungan protein yang tinggi, jenis makanan ini tidak menyebabkan masalah berat badan di kemudian hari.

Daging merah tanpa lemak, ayam, susu rendah lemak, telur, makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan dan kedelai adalah contoh sumber protein terbaik yang bisa kita pilih.

2. Vitamin H atau biotin

Vitamin H atau yang lebih dikenal dengan nama biotin adalah vitamin yang berguna untuk menghentikan penipisan rambut, mengatasi masalah rambut bercabang dan memperkuat kuku.

Vitamin ini bahkan sudah digunakan untuk mengatasi alopecia yakni penipisan rambut parah.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak pakar rambut menyatakan bahwa kekurangan biotin atau vitamin H dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kacang-kacangan, ikan salmon, telur, kembang kol dan pisang adalah beberapa makanan terbaikyang bisa digunakan sebagai sumber biotin atau vitamin H.

3. Vitamin A

Zat yang dihasilkan oleh vitamin adalah sebum, sebum berguna untuk mendinginkan suhu pada kulit kepala sehingga kelembaban kulit kepala tetap terjaga.

Kelembaban kulit kepala yang terjaga adalah salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mendapatkan rambut dan kuku yang sehat.

Makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin A diantaranya adalah wortel, aprikot, melon, brokoli, kuning telur, bayam, oatmeal, ubi, keju, buah mangga dan lain sebagainya.

4. Omega 3

Mengkonsumsi makanan ber-omega 3 secara teratur dapat membantu anda untuk mendapatkan rambut bersinar.

Asam eicosapentaenoic, docosahexaenoic dan asam linolenic merupakan asam lemak yang ditemukan dalam omega 3. Ketiga komponen tersebut berperan penting dalam meningkatkan kilauan pada rambut.

Adapun makanan yang menjadi sumber penting omega 3 meliputi telur, ikan salmon, ikan tuna, sarden, minyak ikan, makarel, kenari, bayam dan biji rami.

5. Zinc

Zinc atau zat seng memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mendorong tubuh untuk memproduksi protein yang menjadi bagian penting dalam pembentukan rambut dan kuku.

Beberapa gangguan atau kerusakan rambut yang diduga kuat disebabkan karena kekurangan zinc adalah alopecia, rambut rapuh dan rambut kering.

Sedangkan makanan yang bisa dikonsumsi sebagai sumber zinc adalah daging sapi tanpa lemak, kacang kedelai, lobster, kacang hijau, tiram dan kacang mete.

Dengan mengkonsumsi lima jenis kelompok makanan di atas maka niscaya anda lebih mudah dalam mendapatkan kuku dan rambut sehat.

tags: ,