Informasi Penyembuhan Jerawat

informasi penyembuhan jerawatJika anda mengalami masalah dengan jerawat, maka perhatikan kembali gaya hidup dan pola makan selama ini karena sebagian besar gangguan ini bermula dari keduanya.

Gaya hidup memang tidak akan bisa dilepaskan dari kesehatan seseorang, semakin baik dan sehat gaya hidup tersebut maka semakin meningkat pula kualitas kesehatannya.

Begitu pula dengan pola makan, makanan yang kita makan sehari-hari menjadi salah satu hal yang menentukan baik atau tidaknya kesehatan kita kedepannya.

Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan kita untuk mulai menata kembali pola makan dan gaya hidup tersebut ketika kita sedang berusaha mengatasi gangguan jerawat atau masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa informasi penyembuhan jerawat yang wajib anda ketahui seperti dilansir dari beberapa jurnal kecantikan.

Hal yang harus dilakukan

Ada hal penting yang harus segera kita lakukan ketika serangan jerawat sudah tidak bisa dielakkan, beberapa diantaranya adalah:

  • Tingkatkan porsi buah dan sayur setiap harinya
  • Minum banyak air putih
  • Jika harus menggunakan makeup, maka pilihlah kosmetik atau makeup yang memiliki label non acnegenic atau non comedogenic
  • Basuh wajah dua kali sehari dengan pembersih lembut
  • Bila menggunakan minyak rambut, maka jauhkan rambut dari wajah
  • Pastikan untuk mencuci rambut secara teratur agar minyak yang ada di helaiannya tidak berpindah ke wajah

Selain beberapa hal di atas, kita juga diharuskan untuk menghindari segala produk perawatan berbasis minyak, jika terpaksa harus menggunakannya maka pilihlah produk berbasis cair atau mineral.

Pengobatan tradisional

Jerawat bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami dan metode yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Meskipun tidak semua metode tradisional terbukti ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, namun beberapa diantaranya telah terbukti secara medis.

Berikut adalah beberapa metode tradisional yang telah terbukti secara medis dapat menghilangkan jerawat dengan aman dan efektif.

  • Sediakan susu hangat lalu campurkan dengan air jeruk nipis, gunakan untuk membasuh wajah
  • Ambil buah pepaya mentah lalu oleskan pada jerawat
  • Siapkan bubuk kayu manis secukupnya lalu campurkan dengan tiga sendok teh madu. Aduk sampi menjadi adonan lalu oleskan pada jerawat
  • Oleskan bawang putih ke jerawat sampai benar-benar hilang

Keempat metode di atas telah terbukti secara medis dapat mengatasi masalah jerawat, jika dianggap merepotkan, maka silahkan gunakan krim atau obat anti jerawat yang ada di toko obat.

Namun penggunaan krim anti jerawat harus lebih hati-hati, karena beberapa produk anti jerawat memiliki efek samping bagi para penggunanya, beberapa efek samping yang paling sering ditimbulkan adalah peradangan dan iritasi kulit.

tags: