Hindari makanan berbahaya ini

makanan berbahayaPada dasarnya semua jenis makanan bisa kita konsumsi selama tidak dilakukan secara berlebihan, yang terjadi justru sebaliknya, kita tentu sering mendengar berbagai kasus keracunan yang diakibatkan oleh makanan tertentu.

Keracunan yang terjadi sebenarnya bukan karena apa yang mereka makan, namun lebih pada bagaimana cara pengolahan dan konsumsi mereka.

Selain itu, kondisi kesehatan yang dialami manusia erat kaitannya dengan apa yang ia makan setiap harinya, hal inilah yang membuat para ilmuan melakukan berbagai penelitian untuk mengungkap manfaat atau bahaya yang ada dalam bahan tersebut.

Berbagai hasil penelitian mereka diterbitkan dalam jurnal dan dialih bahasakan ke dalam banyak bahasa agar lebih mudah dipahami penduduk bumi.

Berikut adalah 4 makanan berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi secara berlebihan, data diambil dari beberapa jurnal kesehatan.

1. Yogurt dengan lemak tinggi

Entah apa alsannya para produsen lebih tertarik memasukkan lemak ke dalam yogurt, makanan yang sebelumnya sehat justru menjadi berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering.

Produk ini dapat kita temukan dengan mudah di toko penjual makanan atau bahkan di warung terdekat, sayangnya banyak yogurt yang mengandung lemak tinggi hingga kurang baik dikonsumsi.

Jika dikonsumsi terlalu sering maka mungkin dapat menimbulkan ancaman obesitas serius, sekali lagi perlu ditegaskan bahwa anya yogurt kaya lemak saja yang berbahaya dan kurang baik untuk manusia.

Oleh sebab itu pilihlah yogurt dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi, ini untuk menghindari naiknya berat badan secara drastis.

2. Mentega

Mentega ditengarai menjadi salah satu pemicu utama naiknya kolesterol jahat dalam darah manusia, kolesterol jahat ini menjadi faktor penting terhadap munculnya penyakit jantung.

Oleh karenanya, hindari menggunakan mentega ke dalam makanan kita setiap hari. Jika pun terpaksa harus melakukannya maka masukkan buah dan sayur dalam porsi besar untuk mengimbangi efek negatif dari mentega atau margarin.

3. Buah-buahan

Jangan salah kira dulu, buah-buahan di sini maksudnya adalah buah yang telah melewati proses pengolahan dan dikeringkan sedemikian rupa. Kebanyakan dari kita mungkin menganggap makanan ini sehat.

Namun para ilmuan justru menemukan kalori yang sangat tinggi pada cemilan ini, kalori sering dihubungkan dengan masalah obesitas. Oleh sebab itu pilihlah buah dan sayur yang benar-benar segar.

4. Kacang berlapis coklat

Coklat dan kacang memang memiliki manfaat masing-masing, jika keduanya dikonsumsi atau dikemas dengan benar maka hal itu justru membawa kebaikan bagi konsumennya.

Sayangnya itu adalah hal langka, banyak kacang berlapis coklat dikemas sedemikian rupa tanpa memperhatikan jumlah kalori di dalamnya, hasil studi menunjukkan bahwa dalam satu batang coklat dengan kacang di dalamnya mengandung lemak.

Lemak yang ditemukan bahkan lebih tinggi dari pada lemak yang biasa ada dalam donat atau makanan sejenis.

tags: