Hindari 4 Kesalahan Saat Diet Berikut Ini

Kesalahan Saat DietBerat badan memang menjadi masalah utama bagi kaum wanita, masalah ini dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri mereka. Namun yang terpenting sebenarnya bukan hal tersebut, akan tetapi lebih pada masalah kesehatan.

Berat badan berlebih memang sering dihubung-hubungkan dengan pengeroposan tulang, penyakit jantung, diabetes, stroke dan penyakit mematikan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka banyak wanita yang melakukan berbagai macam metode diet.

Namun sayangnya masih banyak kesalahan yang dilakukan mereka sehingga diet yang dijalankan tidak berjalan sebagaimana mestinya atau tidak memberikan hasil signifikan terhadap menurunnya berat badan.

Oleh sebab itu pelajari semua hal yang dilarang saat melakukan diet dan hindari hal tersebut sebisa mungkin. Berikut adalah empat kesalahan saat diet yang harus kita hindari agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia.

Tidak memahami metodenya

Metode diet yang ada sekarang ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang hendak menurunkan berat badannya, namun ada pula suatu metode diet yang ditujukan untuk mengurangi masalah jantung, hiperaktif atau hal lain yang hubungannya dengan pencegahan atas penyakit tertentu.

Jadi jangan menganggap bahwa seluruh metode diet bisa dijalankan dan berguna untuk menurunkan berat badan. Ini adalah pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh calon peserta. Memilih salah satu metode yang benar-benar tepat baginya, karena tidak semua metode bisa dijalankan oleh semua orang.

Kesalahan lain terkait hal ini adalah terlalu cepat menganggap bahwa metode atau panduan yang diberikan oleh salah satu website benar-benar valid, karena sudah bukan rahasia lagi jika siswa SMU pun sekarang telah memiliki website dan beberapa diantara mereka mengisi webnya dengan tutorial kesehatan atau diet.

Apakah informasi seperti itu bisa dipertanggung jawabkan? Tergantung bagaimana cara penulis memahami referensi yang mereka baca dan menuangkannya kembali dalam website mereka.

Bila terjadi kesalahan saat memahami suatu tulisan lalu dengan seenaknya sendiri menulis ulang di blog mereka, maka pembaca yang akan dirugikan dan disesatkan. Untuk itu pertama yang harus anda ketahui adalah di mana anda menemukan turorial diet yang benar-benar ditulis oleh ahlinya, bukan sekedar tutorial yang berjudul cara menurunkan berat badan yang isinya bahkan tidak dipahami oleh penulisnya sendiri.

Salah dalam tahap ini maka akibatnya anda hanya akan membuang-buang waktu saja. Untuk memudahkan pembaca, kami telah mengumpulkan semua informasi yang berhubungan dengan diet, silahkan anda baca di rubrik ini [Baca: Kumpulan metode diet dari seluruh dunia].

Untuk para pemilik website, disarankan untuk tidak menulis apa yang tidak dipahaminya. Ini adalah area kesehatan dan bila informasi yang anda tulis salah maka efeknya dapat terasa langsung pada pembaca. Jadi berhati-hatilah saat menulis dan harus dapat mempertanggung jawabkannya di dunia maupun di akhirat nanti.

Tidak direncanakan dengan baik

Diet tidak bisa dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana jangka panjang, ada fase dan tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Hal ini membutuhkan perencanaan yang benar-benar baik, perencanaan meliputi banyak hal diantaranya menyiapkan menu dalam seminggu ke depan, mempersiapkan mental dan niat dan lain sebagainya.

Memberi toleransi pada cemilan

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta diet adalah masih memberikan toleransi pada cemilan yang kurang sehat. Hal ini harus dihindari karena meskipun apa yang kita konsumsi terbatas, namun kandungan garam, gula dan kalori di dalamnya bisa melebihi makanan dalam porsi besar.

Mengurangi porsi makan

Diet tidak hanya tentang porsi makan, namun lebih pada efektif atau tidaknya makanan yang kita konsumsi. Porsi makan terbatas namun tinggi lemak dan kalori lebih buruk dibanding porsi besar namun rendah lemak, kalori dan gula.

Beberapa orang bahkan menghilangkan kebiasaan sarapan demi mengurangi asupan makanan. Karena kita tahu bahwa salah satu mitos yang telah mengakar terkait hal ini adalah ‘jika ingin menurunkan berat badan, maka kurangi makan’. Ini adalah mitos yang tidak berdasar dan sama sekali tidak mempengaruhi berat badan seseorang.

tags: