Hal yang harus kita ketahui tentang pewarna rambut

tentang pewarna rambutBeberapa orang mungkin merasa bosan dengan warna rambut mereka, atau bisa juga karena sebuah tuntutan sehingga harus mengganti warna rambut mereka dengan pewarna buatan.

Tiap orang tentu memiliki pandangan masing-masing, namun terlepas dari itu semua ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengambil langkah atau metode tertentu kita telah memahami dengan benar seluk-beluk metode tersebut.

Begitu juga dengan proses mewarnai rambut, kita pasti membutuhkan produk cat rambut. Penggunaan cat atau pewarna buatan ini sangat beresiko bila dilakukan asal-asalan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang semua hal yang berhubungan langsung dengan aktifitas mewarnai rambut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kita ketahui tentang pewarna rambut seperti dikutip dari beberapa jurnal dan tips kecantikan dari para pakar.

1. Tipe dan jenisnya

Secara umum, produk ini bisa dibagi menjadi tiga bagian yakni:

  • Permanen: Produk ini mengandung hidrogen peroksida sehingga mengangkat seluruh warna alami rambut
  • Semi permanen: Produk ini hanya mengandung hidrogen peroksida dalam jumlah sedikit sehingga hanya dalam beberapa kali keramas pun warna akan memudar
  • Semi permanen warna buah: Warna yang digunakan bervariasi mulai dari kuning, hijau, ungu dan lain sebagainya. Produk ini menggunakan awarna buah sebagai panduannya dan akan memudar etelah 8 kali keramas.

2. Merk populer

Setiap orang tentu telah memiliki pilihannya masing-masing, namun bagi anda yang baru mulai mencoba akan sedikit kebingungan dalam memilih produk mana yang akan dipilih.

Sebagai saran, mulailah dengan merk yang telah memiliki nama seperti Garnier, L’Oreal dan lain-lainnya. Harga yang ditawarkan mungkin sedikit lebih mahal, namun demi keamanan tidak ada salahnya kita mengeluarkan uang lebih.

3. Memilih setepat mungkin

Bukan hanya menentukan merk apa yang kita pilih, namun juga warna seperti apa yang nanti kita gunakan pada rambut. Tidak semua warna cocok digunakan oleh setiap orang.

Masyarakat Asia misalnya, mereka rata-rata berkulit kuning langsat atau hitam, bermata hitam atau coklat. Berdasarkan tipe ini maka warna yang tepat adalah abu-abu atau hitam.

Penggunaan warna selain itu hanya akan membuat kita terlihat konyol di depan orang banyak. Bila kurang yakin, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli setempat.

4. Tingkat keamanan

Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa tidak ada satu pun produk manusia yang bebas cela, oleh sebab itu faktor resiko tentu tetap ada meskipun prosentasenya kecil.

Namun untuk produk pewarna rambut potensi kerusakan yang ditimbulkannya berkisar antara 30 sampai 50%, efek yang dirasakan mulai dari rambut kering, pecah-pecah, penipisan hingga kerontokan.

Oleh sebab itu para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan produk tersebut kecuali dalam keadaan mendesak atau memang tidak dapat dihindarkan lagi.

Bila memang kita terpaksa harus menggunakan produk tersebut, maka ketahui terlebih dahulu efek samping yang mungkin ditimbulkannya. Silahkan baca di sini untuk informasi selengkapnya [Baca: Efek samping cat rambut].

Baca juga tentang tips dan rekomendasi para ahli terkait pemilihan produk yang tepat agar dapat meminimalisir efek tersebut [Baca: tips memilih pewarna yang tepat].

tags: