Gliserin Untuk Rambut Kering

gliserin untuk rambut keringGliserin merupakan salah satu bahan alami yang cukup populer dalam dunia kecantikan, bahan ini banyak kita temukan dalam berbagai produk perawatan rambut maupun perawatan kulit.

Bahan yang dapat disintesis ini mempunyai kemampuan dalam menjaga tingkat kelembaban kulit maupun rambut meskipun berada di suhu rendah. Oleh sebab itu bahan ini sering digunakan dalam berbagai produk yang dirancang khusus untuk mengatasi rambut kering.

Perlu diketahui bahwa rambut kering diakibatkan oleh banyak hal seperti suhu rendah, efek sinar matahari, penggunaan hair dryer berlebihan, tiupan angin kencang dan lain sebagainya.

Lalu seberapa efektif jika bahan ini diaplikasikan pada rambut kering? Berikut adalah penjelasan lengkap tentang penggunaan gliserin untuk rambut kering seperti dikutip dari beberapa sumber.

Jenis dan macamnya

Secara garis besar gliserin di golongkan menjadi dua kelompok yakni gliserin alami dan gliserin sintesis atau buatan. Gliserin alami merupakan gliserin yang bersumber langsung dari bahan alam seperti lemak hewan dan minyak sayur. Produk yang menggunakan gliserin jenis ini biasanya akan secara jelas mencantumkannya pada label atau kemasannya.

Sedangkan gliserin selanjutnya adalah gliserin sintesis atau buatan, bahan ini diperoleh dari pengolahan petrokimia. Karena bahan kimia maka dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan jka digunakan secara berlebihan.

Sayangnya tidak semua produsen mencantumkan bahan sintesis ini pada kemasan atau label produk mereka, untuk itu kita harus lebih teliti lagi ketika membaca label dan kandungan suatu produk.

Manfaat dan fungsinya

Bahan ini termasuk salah satu humektan yang berguna untuk memberikan kelembaban sekaligus mempertahankannya. Jika bahan ini ditemukan pada produk perawatan rambut maka produk tersebut mempunyai fungsi untuk memberikan kelembaban dan langsung mengunci kelembaban tersebut agar levelnya tidak berkurang karena sinar matahari atau faktor lainnya.

Produk perawatan rambut yang paling sering menggunakan gliserin adalah sampo dan kondisioner, khususnya sampo atau kondisioner yang memang dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah rambut kering.

Efek samping

Jika gliserin yang digunakan merupakan jenis alami maka tidak banyak efek samping yang diketahui, namun jika yang digunakan adalah jenis sintesisnya maka beberapa efek ini mungkin akan ditemukan oleh penggunanya:

  • Menyebabkan iritasi pada mata jika terjadi kontak secara langsung
  • Menimbulkan iritasi pada beberapa jenis kulit
  • Gangguan pernafasan
  • Muntah-muntah
  • Sakit kepala
  • Mual-mual

Lembaga Environmental Working Group’s Cosmetic Database bahkan menyatakan bahwa glliserin sintesis mungkin memiliki sifat karsinogenik dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Saran dan anjuran

Gunakan sampo atau kondisioner yang mengandung gliserin alami atau sintesis untuk mengatasi rambut kering, yang terpenting adalah jangan sampai produk tersebut terhirup, tertelan atau terjadi kontak langsung dengan mata.

Namun bagi anda yang memiliki rambut ikal atau keriting maka tidak dianjurkan menggunakan produk berbahan gliserin, alasannya adalah dapat menyebabkan rambut kusut karena kadar kelembaban yang diberikan olehnya.

tags: