Gejala Penuaan dan Cara Mencegahnya

gejala penuaanPenuaan adalah kata paling menakutkan bagi semua wanita, meskipun ini adalah proses alami dan akan terjadi pada siapapun namun sebagian wanita merasa perlu menghindari sebisa mungkin dengan melakukan berbagai macam cara.

Cara paling umum yang digunakan oleh wanita adalah dengan cangkok kulit dan terapi lainnya yang berbiaya mahal. Mereka rela melakukan semua itu demi tampil awet muda dan jauh dari kesan tua.

Bukan hanya wanita berusia 30 tahun saja yang mulai mengalami tanda penuaan, kondisi ini juga sering ditemukan pada remaja yang sebenarnya bukanlah hal wajar.

Tanda penuaan yang muncul lebih cepat biasanya diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya radikal bebas yuang diterima oleh remaja tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penuaan dini, silahkan baca tulisan di bawah ini.

Berikut ini merupakan beberapa gejala penuaan dan cara mengatasinya seperti dikutip dari pakar kesehatan kulit.

Penyebab

Secara garis besar penyebab munculnya tanda penuaan digolongkan menjadi dua macam yakni:

  1. Faktor usia: Jika ini yang mengakibatkan munculnya garis halus di sekitar hidung, mulut, dahi dan pipi maka tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk menghilangkannya. Hal yang paling mungkin adalah menyamarakan tanda penuaan tersebut sekaligus memperlambat munculnya tanda lain.
  2. Faktor eksternal dan internal: Faktor eksternal meliputi paparan sinar matahari yang megnarah langsung pada kulit, pencemaran lingkungan ataupun efek dari produk perawatan kulit. Sedangkan faktor internal melliputi pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Anda tentu tahu apa penyebab munculnya tanda penuaan yang sekarang sedang dialami, bila faktor kedua yang bermain maka lanjutkan untuk membaca beberapa tanda di bawah ini.

Tanda dan gejala penuaan

Semuanya pasti telah mengetahui apa saja tanda atau gejala penuaan yang paling sering ditemukan pada wanita, beberapa diantaranya meliputi:

  • Kulit mengalami kekeringan dan gatal-gatal
  • Munculnya kerutan di beberapa bagian wajah
  • Terdapat bintik-bintik merah atau hitam
  • Warna kulit tidak merata
  • Lebih kusam dari biasanya
  • Pori-pori mengalami pembesaran sehingga akan mudah terlihat dari jarak pandang cukup jauh
  • Kulit kehilangan kelenturannya (mengendur)

Di atas merupakan tanda paling umum yang sering dikeluhkan oleh kaum hawa, jika kebetulan usia anda masih berkisar antara 20 sampai 35 tahun maka mungkin ini adalah gejala penuaan dini.

Penuaan dini tentu bukan merupakan hal wajar, oleh sebab itu dengan melakukan berbagai langkah mudah di bawah ini, tanda penuaan bisa segera dihilangkan.

Langkah pencegahan

Langkah pencegahan ditujukan untuk mengurangi tanda penuaan yang mungkin sudah mulai nampak, atau bisa juga digunakan hanya sebagai antisipasi terhadap gangguan tersebut. Silahkan lakukan beberapa cara mudah berikut ini:

Jika semua tips di atas dilakukan secara rutin dan benar maka niscaya kulit akan tetap kencang dan jauh dari keriput dan garis halus.

tags: