Enam Tips Perawatan Kulit Saat Bepergian

Perawatan Kulit Saat BepergianBepergian atau traveling memiliki banyak manfaat, selain lebih mendekatkan diri dengan alam dan lingkungan sekitar, aktifitasi ini juga bisa meredakan stres dan tekanan mental. Semakin sering kita bepergian maka semakin sehat pula kesehatan mental kita. Namun ada hal yang harus diperhatikan dengan benar saat menjalankan aktifitas tersebut.

Salah satunya adalah kulit, karena saat kita berada di luar rungan maka kulit membutuhkan perlindungan ekstra dari bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh polusi udara, pencemaran hingga sinar matahari.

Apa saja hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kulit tetap sehat saat sedang bepergian? Berikut adalah enam tips perawatan kulit saat bepergian seperti dirangkum dari beberapa sumber.

Mengetahui iklim dan suhu

Suhu dan iklim tiap tempat berbeda-beda, perawatan yang perlu dilakukan pun berbeda pula. Bila kita hendak bepergian ke daerah atau wilayah yang memiliki suhu dingin maka yang harus diperhatikan adalah kelembaban kulit.

Hal ini merujuk pada sebuah hasil penelitian yang menyebut bahwa suhu yang terlalu dingin bisa membuat kulit kering. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka pastikan untuk membawa serta produk pelembab.

Gunakan tabir surya

Akitifitas yang dilakukan di luar rungan membuat kulit lebih rentan terhadap berbagai serangan yang dapat merusak kesehatan dan kecantikannya. Untuk itu diperlukan pelindung tepat dan menyeluruh agar hal buruk tersebut tidak terjadi pada kita, salah satu cara yang tidak boleh dilupakan adalah senantiasa menggunakan krim tabir surya.

Penuhi kebutuhan cairan

Pastikan untuk selalu membawa persediaan air bersih untuk berbagai keperluan seperti minuam dan membersihkan wajah. Kekurangan cairan dapat mengurangi kelembaban pada kulit yang ujungnya dapat membuat kulit kusam dan bersisik.

Untuk itu pastikan juga kita meminum air putih dalam jumlah tepat, sekitar 7 sampai 8 gelas air dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Gunakan makeup sewajarnya

Jangan gunakan makeup atau kosmetik secara berlebihan, ini adalah syarat utama dalam menjaga kondisi kulit tetap sehat dan tidak kurang suatu apapun. Hal ini sebenarnya harus dilakukan baik saat bepergian maupun sedang berada di rumah.

Hilangkan stres

Salah satu tujuan dari traveling adalah menghilangkan segala beban pikiran untuk menyegarkan kembali kondisi mental. Untuk itu jangan biarkan pekerjaan, tugas dan kewajiban mengganggu aktifitas ini.

Stres berhubungan langsung dengan kesehatan kulit, jika seseorang mengalami stres maka hormon kortisol yang dikeluarkannya bisa menyebabkan kulit kering dan muncul jerawat.

Konsumsi makanan sehat

Jangan pernah memberikan toleransi sedikitpun pada makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji, makanan gorengan, minuman bersoda dan lain sebagainya. Selain dapat megnancam kesehatan tubuh, makanan seperti itu juga dapat membuat kulit terlihat lebih buruk.

tags: ,