Enam Tips Menjalankan Diet Vegan

tips menjalankan diet veganDiet vegan adalah sebuah sistem dan aturan yang melarang anggotanya mengkonsumsi semua jenis hewan ternak dan apa yang dihasilkan darinya.

Meskipun mirip dengan vegetarian namun diet vegan memiliki perbedaan mendasar yakni, dalam vegetarian masih dibolehkan mengkonsumsi telur yang notabene merupakan produk dari hewan ternak.

Sedangkan dalam vegan, anggota diwajibkan untuk menghindari konsumsi daging hewan ternak dan semua yang bersumber darinya seperti produk susu dan telur.

Metode diet ini tergolong berat karena tidak semua orang ‘bisa hidup’ tanpa memakan daging, telur atau produk susu. Nah oleh karenanya, kami memberikan enam tips mudah bagi anda yang baru mulai menjalankan diet vegan.

Apa sajakah itu? Berikut adalah enam tips menjalankan diet vegan seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Variasikan masakan

Karena yang boleh dikonsumsi hanya tanaman, buah dan sayur maka dalam satu hingga dua bulan pertama anda akan merasakan kejenuhan dan kebosanan luar biasa.

Oleh sebab itu, upgrade pengetahuan anda tentang bagaimana cara menyajikan masakan yang menggugah selera meski hanya masakan yang dihasilkan hanya terdiri dari buah dan sayur.

2. Kunjungi rumah makan yang menyediakan menu vegan

Jika anda memutuskan untuk makan di luar, maka pastikan rumah makan yang anda datangi menyediakan menu khusus yang diperuntukkan bagi pelaku diet vegan.

Ini untuk menghindari gagalnya diet yang sedang anda jalankan. Rumah makan yang menyediakan menu vegan mungkin masih terbilang langka.

Jika rumah makan yang memenuhi syarat tersebut tidak ditemukan, maka usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terdiri dari daging dalam porsi besar.

3. Bulatkan tekad

Seperti dijelaskan di atas bahwa metode ini tergolong berat. Untuk itu, pastikan tekad anda sudah benar-benar bulat sebelum memilih metode ini.

Jangan pernah menjalankan metode ini jika anda tidak memiliki tekad yang kuat atau hanya sekedar iseng.

4. Siapkan makanan sebelum pergi ke luar

Pastikan anda menyaipkan menu makan sesuai aturan vegan sebelum keluar rumah, karena seperti dijelaskan sebelumnya bahwa anda mungkin akan kesulitan menemukan rumah makan yang menyediakan menu makan khusus untuk diet vegan.

5. Pelajari semua tentang metode ini

Agar tidak terjadi kesalahan saat melakukannya, pastikan anda telah mengetahui seluk-beluk diet vegan mulai dari syarat-syaratnya, hal yang dilarang, makanan yang dianjurkan, makanan yang tidak diperbolehkan dan lain sebaginya.

Bagi anda yang belum mengetahui detail lengkap tentang metode ini, kami sarankan untuk membuka halaman berikut >>> Diet vegan dan semua hal yang perlu anda ketahui.

6. Jauhi semua makanan yang dilarang

Jangan duduk di depan menu makan yang terdiri dari daging, anda mungkin tidak akan bisa menahannya. Oleh sebab itu dianjurkan bagi pemula untuk menghindari hal tersebut sejauh mungkin.

Itulah keenam tips menjalankan diet vegan bagi pemula, tips ini juga mungkin berlaku bagi yang telah lama menjalankan metode ini.

tags: