Enam Tips Mengurangi Porsi Makan

tips mengurangi porsi makanSalah satu cara dalam menurunkan berat badan adalah mengontrol atau mengendalikan porsi makan yang sebelumnya cenderung berlebihan.

Bila porsi makan dapat dikendalikan maka jumlah asupan kalori dan lemak juga bisa dikurangi sehingga tujuan awal bisa lebih mudah didapatkan.

Untuk dapat mengurangi porsi makan, ikuti beberpa tips di bawah ini.

Berikut adalah enam tips mengurangi porsi makan agar asupan lemak, kalori bisa dikendalikan sehingga lebih mudah dalam menurunkan berat badan.

1. Nikamati makanan

Tidak fokus dengan apa yang sedang dimakan merupakan salah satu faktor perut tidak dapat mengirimkan sinyal kenyang ke bagian otak. Untuk itu nikmatilah setiap makanan yang masuk ke perut, bila dilakukan maka otak akan segera mendapatkan sinyal kenyang sehingga porsi makan bisa dengan mudah dikurangi.

Agar lebih mudah melakukannya, matikan semua hal yang dapat mengganggu konsentrasi makan anda. Televisi, radio, ponsel, komputer dan perangkat lainnya bisa dimatikan untuk sementara waktu agar tidak mengalihkan perhatian anda dari makanan.

2. Mengerti dengan kelemahan sendiri

Setiap orang pasti memiliki jenis makanan kesukaan masing-masing, makanan kesukaan ini terkadang membuat kita kesulitan dalam mengontrol porsi makanan yang masuk.

Oleh karena itu buatlah sebuah daftar kecil dan susunlah semua jenis makanan kesukaan yang membuat kita tidak dapat berhenti memakannya.

Setelah memiliki daftar tersebut, selanjutnya cukup hindari keberadaan makanan tersebut di piring atau meja makan kita. Jika memang tidak bisa meninggalkannya maka cukup sediakan porsi yang sudah dibatasi.

3. Cobalah diet plate

Diet plate merupakan metode yang menganjurkan para pesertanya untuk mengkonsumsi banyak sayur dan mengurangi asupan karbohidrat dan lemak.

Metode ini pada awalnya ditujukan untuk para pasien diabetes agar mereka lebih mudah dalam mengendalikan gula darah dengan cara mengontrol secara ketat asupan karbohidrat dan kalori.

Namun seiring dengan perkembangan, diet plate justru lebih banyak dijalankan untuk menurunkan berat badan. Ingin tahu bagaimana cara melakukannya? Silahkan buka artikel berjudul cara menurunkan berat badan dengan metode diet plate.

Halaman: 1 2
tags: