Enam Tanda Anda Harus Segera Ke Dokter Kulit

harus segera ke dokter kulitAda beberapa tanda yang tidak boleh dianggap remeh dan tidak seharusnya diabaikan, bila tanda ini ditemukan pada rambut atau kulit maka segeralah untuk mengunjungi dokter kulit terdekat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah enam tanda anda harus segera ke dokter kulit seperti diungkapkan oleh Dr. David Bank, seorang direktur The Center for Dermatology, New York.

1. Sering berkeringat disertai dengan kulit kering

Bila sebelumnya anda belum pernah mengalaminya, namun belakangan ini tiba-tiba saja sering keluar keringat dengan disertai kulit kering, maka kondisi ini biasa dinamakan dengan hiperhidrosis.

Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi yang dipengaruhi oleh diabetes, tiroid ataupun infeksi lainnya. Gangguan ini bisa juga diakibatkan oleh penggunaan produk pelembab yang salah.

Kenapa harus segera mengunjungi dokter kulit? Karena ada kemungkinan kondisi ini juga menjadi tanda awal eksim atau psoriasis.

2. Terlalu banyak rambut rontok saat mandi

Dr. Gold menyatakan bahwa kerontokan mungkin diakibatkan oleh faktor genetika, namun yang patut diwaspadai adalah kerontokan yang disebabkan oleh faktor lain seperti serangan penyakit tertentu atau gangguan kesehatan lainnya.

Untuk mencegah terjadinya kondisi seperti ini, maka mau tidak mau anda harus segera mengunjungi dokter untuk mengetahui kondisi medis sekarang ini.

3. Ditemukan banyak ruam pada kulit

Kebanyakan orang justru mengabaikan tanda ini, mereka menganggap bahwa ruam yang muncul di bagian kulit akan hilang dengan sendirinya. Bila kondisi ini sering terjadi maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter karena mungkin ada kaitannya dengan kondisi medis dan gangguan kesehatan.

Semakin cepat anda memeriksakannya ke dokter maka semakin mudah pula mendiagnosanya. Diagnosa tepat dalam waktu secepat mungkin bisa mencegah hal buruk ke depannya.

4. Belum pernah memeriksakan kondisi kulit

Setiap orang normalnya harus memeriksakan kondisi kesehatannya setiap enam bulan sekali. Namun sayangnya banyak orang yang sama sekali tidak pernah memeriksakan kondisi kesehatannya.

Bila anda belum pernah memeriksakan kondisi kulit sekalipun maka segeralah kunjungi dokter karena beberapa penyakit ganas seperti kanker kulit kadang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Kanker kulit baru akan terasa ketika sudah dalam keadaan kronis, bila kondisi ini terjadi maka pengobatan yang harus dijalankan oleh pasien akan lebih sulit dan tentunya memakan waktu lama.

5. Tiba-tiba muncul tahi lalat

Seperti dinyatakan oleh Dr. Charles Griff, ketika tiba-tiba ditemukan tahi lalat di bagian permukaan kulit maka segera kunjungi dokter karena ini termasuk salah satu tanda munculnya kanker kulit pada banyak kasus.

6. Kuku berwarna kuning dan mudah patah

Bila tiba-tiba kuku berubah menjadi lebih kuning disertai dengan rapuhnya kuku tersebut, maka besar kemungkinan anda terinfeksi oleh salah satu jenis jamur. Dr. David Bank menyarankan kita untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan kondisi itu terjadi.

tags: