Enam Produk Perawatan Rambut yang Harus Dihindari

Produk Perawatan Rambut yang Harus DihindariKerusakan yang terjadi pada rambut diakibatkan oleh banyak hal, salah satu faktor paling umum adalah penggunaan produk yang kurang tepat atau salah memilih. Selain itu ada pula produk yang sejatinya memang patut untuk dihindari oleh setiap orang, produk ini diketahui memiliki efek samping yang dapat merusak kulit kepala, batang rambut atau bagian tubuh lainnya seperti kulit.

Apakah ada produk berbahaya yang beredar luas di sekitar kita? Banyak dan hampir semuanya memiliki izin resmi, oleh sebab itu perhatikan penjelasan di bawah ini untuk mengetahui produk seperti apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan dan apa alasannya.

Berikut ini merupakan enam produk perawatan rambut yang harus dihindari karena dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan kesehatan.

Produk berbasis silikon

Produk yang mengandung silikon biasanya dirancang agar rambut terlihat lebih bersinar, sayangnya cara kerja dari zat ini dapat mencegah aspuan nutrisi dari makanan atau kondisioner masuk ke batang rambut. Akibatnya bisa ditebak, rambut akan kusam, kering dan susah diatur karena kekurangan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya.

Produk perawatan apa saja yang mengandung silikon? Pada umumnya ditemukan pada sampo, kondisioner dan beberapa jenis produk lainnya.

Sampo murah

Perlu ditegaskan sebelumnya bahwa tidak semua sampo murah buruk untuk rambut kita, namun sebagian besar dari mereka memang memiliki efek buruk jika digunakan dalam waktu lama.

Apa alasannya? Banyak sampo jenis ini yang tidak memiliki kandungan pelembab namun tinggi akan sulfat. Efek yang diterima oleh pengguna meliputi rambut kering, bercabang, kusut, kusam dan kerontokan.

Perlu diingat bahwa biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas suatu produk, tingginya harga tersebut dipengaruhi oleh biaya produksi. Jadi wajar jika kita harus lebih berhati-hati dengan produk perawatan dengan harga murah.

Kondisioner berbasis protein

Perlu dibedakan antara kondisioner berbasis protein dengan kondisioner yang diperkaya oleh protein. Produk berbasis protein memiliki kandungan protein di atas rata-rata, efek penggunaan produk ini adalah rambut akan kehilangan elastisitas alaminya sehingga mudah patah saat disisir.

Sisir plastik

Caroline Greyl menyatakan bahwa penggunaan sikat atau sisir yang terbuat dari plastik berpotensi memecah batang rambut. Hal ini disebabkan karena sikat plastik mudah pecah, jika itu terjadi maka ada kemungkinan pecahan tersebut menggores batang rambut.

Zinc Pyrithione dan Coal Tar

Kedua senyawa ini biasa kita temukan di berbagai merk sampo terutama sampo anti ketombe. Keduanya diketahui dapat menimbulkan efek samping seperti gatal-gatal, kulit kepala kering, iritasi, peradangan dan lain sebagainya.

Produk yang mengandung paraben

Zat ini sangat berbahaya untuk manusia karena dapat merusak sel dan mudah diserap oleh kulit. Paraben sendiri merupakan senyawa yang dilarang untuk digunakan dalam pembuatan suatu produk perawatan, namun kita tahu bahwa banyak produk yang dijual online masih menggunakan paraben dalam pembuatan produk tersebut.

Perlu diketahui bahwa tidak semua produk yang dijual secara online memiliki izin resmi, oleh sebab itu berhati-hatilah saat membelinya dan jangan mudah tergiur dengan harga murah yang mereka tawarkan.

tags: