Enam Mitos Kecantikan yang Tidak Terbukti Kebenarannya

Mitos KecantikanBerikut adalah enam mitos kecantikan yang banyak diyakini masyarakat namun tidak terbukti kebenarannya.

1. Mencabut satu uban dapat tumbuh tiga uban

Banyak orang berfikir bahwa ketika seseorang mencabut satu uban dari kepalanya maka di kemudian hari akan tumbuh tiga uban atau lebih di tempat tersebut. Keyakinan ini tidak berdasar sama sekali karena menurut seorang pakar penata rambut bernama Richard Ward bahwa ketika uban tumbuh di satu tempat, maka batang rambut yang berada di samping uban tersebut berpotensi terhadap hal yang sama.

Artinya, tanpa mencabut uban pun, batang rambut yang ada di sebelah uban tersebut rentan terhadap uban. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak mencabut uban bukanlah langkah untuk mencegah meluasnya uban.

2. Rambut bercabang dapat diatasi tanpa memangkasnya

Salah satu keyakinan yang aneh menurut kami, produk perawatan apapun tidak dapat mengembalikan rambut yang telah terbelah menjadi dua. Jalan satu-satunya adalah dengan memangkasnya untuk mencegah merembetnya pecahan tersebut ke bagian batang rambut yang berada di atasnya.

Setelah dipangkas, baru kita bisa mulai menggunakan produk perawatan untuk rambut bercabang atau mengikuti beberapa metode yang telah kami jelaskan di sini [Baca: Semua hal yang terkait dengan rambut bercabang dan cara mengatasinya].

3. Keramas tiap hari dapat menyebabkan rambut berminyak

Tidak dapat dipungkiri bahwa sesaat setelah selesai keramas kita akan mendapati rambut lebih licin dan berminyak dari sebelumnya. Oleh sebab itu banyak orang beranggapan bahwa penggunaan sampo setiap hari dapat membuat rambut lebih berminyak dari biasanya.

Padahal keyakinan ini tidak sepenuhnya benar dan cenderung bertentangan dengan penemuan para ahli. Dr. Joe Cincotta, seorang pakar kosmetik menjelaskan bahwa menggunakan sampo setiap hari justru dapat mengeringkan rambut.

Sedangkan minyak atau licin yang ditemukan pada rambut sesaat setelah keramas mungkin ditimbulkan oleh silikon yang dikandung dalam beberapa produk sampo.

4. Memangkas rambut dan mempercepat pertumbuhannya

Mitos ini bukan hanya ditemukan di Indonesia, namun juga diyakini oleh banyak orang di negara-negara maju seperti Amerika, Canada dan lain sebagainya.

Faktanya rambut memiliki siklus pertumbuhan sendiri dan tidak dipengaruhi oleh seberapa sering kita memangkasnya.

5. Bintik hitam atau putih di wajah dapat dihilangkan dengan pasta gigi

Dr.Tamara Griffiths, seorang juru bicara British Skin Foundation menyebut bahwa tidak ditemukan bukti medis bahwa pasta gigi dapat menghilangkan bintik di wajah.

Mentol yang dikandung dalam pasta gigi mungkin mampu menenangkan kulit dalam waktu sementara, namun untuk menghilangkan bintik-bintik jelas bukan pasta gigi solusinya.

6. Mencukur dapat menebalkan rambut halus

Ini juga termasuk mitos yang banyak diyakini oleh warga dunia termasuk Indonesia. Banyak orang beranggapan bahwa ketika kita mencukur rambut halus di kaki atau bagian lain maka beberapa hari kemudian rambut halus tersebut akan tumbuh lebih banyak dan tebal.

Faktanya keyakinan tersebut hanya sebuah mitos yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Saat kita mencukur maka batang rambut akan hilang, bagian yang tersayat oleh pisau cukur tersebut menjadi tumpul dan lebih terlihat ketika rambut halus tersebut tumbuh kembali.

Hal inilah yang menyebabkan rambut halus terlihat lebih jelas dan tebal sehingga banyak orang meyakini bahwa mencukur dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut halus tersebut.

tags: