Enam Makanan Pencegah Selulit

Makanan Pencegah SelulitSelulit adalah masalah yang banyak dialami oleh wanita, gangguan yang biasanya muncul pada permukaan kulit ini lebih sulit disembunyikan dengan produk makeup apapun. Karena biasanya muncul pada bagian tubuh yang mudah dilihat orang lain, maka selulit dianggap salah satu gangguan yang paling mengganggu penampilan seorang wanita disamping bekas jerawat.

Selulit memang lebih sulit dihilangkan, namun dapat dicegah dengan menjalankan beberapa hal sederhana. Salah satu hal yang dapat mencegah kemunculan selulit adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang ada di sekitar kita.

Ini adalah langkah pencegahan paling efektif dan diakui oleh para ahli. Dari pada harus menunggu gangguan tersebut muncul, lebih baik lakukan langkah pencegahan mulai dari sekarang.

Berikut ini merupakan enam makanan pencegah selulit seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Protein

Makanan pertama yang seharusnya kita konsumsi adalah semua jenis makanan yang tinggi protein. Makanan seperti ini biasanya kita dapat dari daging dan beberapa jenis sayuran.

Makanan berprotein tinggi umumnya sangat rendah lemak sehingga baik untuk dikonsumsi secara teratur. Meskipun rendah lemak, anda tetap harus hati-hati jika sumber protein tersebut berasal dari protein hewani.

Daging adalah salah salah satu pemicu naiknya kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengganggu kinerja organ jantung.

Lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh baik untuk kulit dan mengurangi potensi seseorang terhadap gangguan ini. Lemak tak jenuh bisa kita dapatkan dari sumber alami seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

Ikan laut juga diketahui mengandung lemak jenuh yang bukan hanya baik untuk mencegah selulit namun juga berkhasiat dalam menjaga sistem saraf seseorang.

Air putih

Air memang tidak termasuk ke dalam makanan, namun mengingat begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia maka tidak ada salahnya memasukkan air ke dalam kelompok ini.

Ketika seseorang memberikan tubuh asupan cairan sesuai dengan yang dibutuhkan, maka tubuh dapat dengan mudah membasuh racun dan menghilangkannya melalui kelenjat keringat maupun saluran pembuangan.

Omega 3

Asam lemak ini berkhasiat dalam mengurangi resiko seseorang terhadap selulit, selain itu terbukti secara medis dapat mengurangi selulit yang telah ada dengan cara menjaga sirkulasi darah.

Buah-buahan

Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan antioksidan tinggi dalam makanan ini juga baik untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan cantik.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan secara teratur maka bukan hanya selulit yang bisa kita cegah, namun berbagai gangguan kulit dan kesehatan juga bisa dihindari sedini mungkin.

Makanan tinggi serat

Selain dapat menjaga sistem pencernaan, makanan berserat juga dapat mencegah proes pembentukan lemak di bagian tubuh. Jika makanan ini dikonsumsi secara rutin maka selulit akan mudah dicegah.

tags: