Enam Langkah Mudah Memanjangkan Rambut

Langkah Mudah Memanjangkan RambutSeperti yang telah dijelaskan di halaman ini bahwa pertumbuhan rambut pertahunnya berkisar antara 5 sampai 6 inci saja. Satu tahun tentu bukanlah waktu sebentar dan panjang rambut yang kita inginkan mungkin lebih dari 6 inci.

Lalu apakah ada cara untuk memanjangkan rambut dengan cepat tanpa harus menunggu selama itu? Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemanjangan rambut.

Berikut ini merupakan enam langkah mudah memanjangkan rambut seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Lakukan diet tinggi protein

Diet di sini bukan berarti harus meninggalkan makan, makanlah seperti biasanya namun tingkatkan konsumsi makanan tinggi protein seperti produk susu, telur, ikan, daging dan beberapa jenis sayur tertentu.

Seperti diketahui bahwa keratin yang ada di rambut merupakan salah satu jenis protein. Bila tubuh kekurangan protein maka pengaruhnya akan langsung berdampak pada rambut.

2. Pijat kulit kepala

Pemijatan berguna untuk melancarkan peredaran dan suplai darah ke folikel rambut, suplai darah tersebut membawa nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh folikel untuk mendukung proses pembentukan rambut.

Semakin baik peredaran darah di kulit kepala maka semakin cepat pula proses pembentukan rambut tersebut. Pemijatan sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak jojoba.

Lakukan pemijatan minimal satu kali seminggu setiap malam, bila cara ini dikombinasikan dengan tips lainnya maka pertumbuhan rambut akan lebih cepat lagi.

3. Gunakan kondisioner

Kondisioner memang tidak mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, namun produk ini diketahui mampu melembabkan dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Kesehatan rambut serta kulit kepala menjadi sangat penting ketika seseorang menginginkan pertumbuhan lebih cepat.

Gunakan kondisioner satu atau dua kali seminggu untuk membuatnya tampak bersinar dan lembut, pastikan untuk selalu menggunakan produk kondisioner yang cocok.

4. Jauhkan dari panas

Suhu terlalu tinggi dapat merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya, oleh sebab itu hindari suhu terlalu tinggi yang berasal dari lingkungan sekitar maupun dari perangkat tertentu seperti hair dryer, alat pelurus rambut dan lain-lainnya.

5. Mengurangi keramas

Terlalu sering mencuci rambut menggunakan sampo dapat mengurangi bahkan menghilangkan kadar kelembaban rambut dan kulit kepala. Hal ini bisa menyebabkan rambut kering dan kerusakan sehingga proses pertumbuhan akan terganggu.

Oleh sebab itu cukup gunakan sampo dua kali seminggu untuk menghindari masalah tersebut sehingga pertumbuhan rambut bisa lebih cepat terjadi.

6. Abaikan suplemen penumbuh rambut

Banyak suplemen dan obat penumbuh rambut yang dijual di toko kecantikan, namun kita tidak perlu menggunakan produk tersebut bila sudah menjalankan semua metode di atas. Cara yang telah diterangkan jauh lebih efektif dan aman untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

tags: ,