Enam Kesalahan yang Sering Dilakukan Pada Rambut

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pada RambutSemua wanita berusaha keras untuk mendapatkan rambut kuat, bersinar dan sehat. Usaha yang dilakukan meliputi penggunaan sampo atau produk perawatan tertentu dengan biaya yang kadang tidak bisa dibilang murah.

Namun sayangnya justru banyak diantara mereka yang tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sekarang ini justru merusak kesehatan rambut itu sendiri.

Ingin tahu apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan oleh wanita sehingga berakibat buruk pada rambutnya? Berikut adalah enam kesalahan yang sering dilakukan pada rambut seperti dilansir oleh beberapa pakar kecantikan.

Tidak menjaga kesehatan tubuh

Apa hubungannya dengan rambut? Perlu diketahui bahwa rambut sehat hanya bisa didapat jika tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Ini adalah salah satu kesahalan yang sering dilakukan namun tidak banyak wanita yang menyadarinya.

Mereka seakan berlomba untuk membeli produk perawatan rambut namun lupa bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh mereka. Jika hal ini terus dilakukan maka kita tidak akan mendapatkan rambut seperti yang kita inginkan.

Mulailah untuk memakan makanan syarat gizi, nutrisi, mineral dan vitamin penting agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan bugar.

Menggunakan hair dryer

Semua pakar kecantikan berpendapat bahwa penggunaan hair dryer dapat mengeringkan sekaligus merusak rambut. Meskipun wanita mengetahui hal ini namun banyak diantara mereka yang tetap saja melakukan kesalahan tersebut.

Menggunakan sikat bergerigi sempit

Sikat atau sisir jenis ini tidak direkomendasikan oleh para ahli, alasannya karena selain dapat membuat rambut patah, folikel juga kehilangan kekuatannya karena tarikan yang rutin diterimanya.

Tidak mencuci rambut setiap hari

Beberapa dari kita justru berpendapat bahwa mencuci rambut setiap hari dapat mengurangi kadar kelembaban kulit kepala sehingga lebih berpotensi terhadap rambut kering.

Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah namun tidak benar 100%. Jika sampo yang kita gunakan memang dirancang untuk jenis rambut yang kita miliki dan bersifat ringan maka tidak ada masalah menggunakan produk tersebut setiap hari.

Alasan lain kenapa harus mencuci rambut setiap hari adalah bakteri dan kuman di kulit kepala, keduanya akan cepat berkembang biak dan menginfeksi kulit kepala jika tidak dibersihkan secara teratur.

Menggunakan aksesoris saat rambut dalam keadaan basah

Kesalahan ini biasanya dilakukan oleh remaja putri, pada umumnya mereka akan langsung menggunakan berbagai aksesoris meskipun rambut masih dalam keadaan basah.

Kebiasaan ini sangat tidak disarankan oleh banyak ahli, alasannya adalah di kondisi seperti ini rambut sangat rapuh dan mudah patah. Kekuatan folikel dan akar rambut juga mengalami penurunan saat masih basah.

Larut dalam stres

Bukan hanya pria yang sering mengalami gangguan stres, wanita juga sering mengalaminya. Namun kebanyakan mereka tidak segera mengambil langkah untuk menangani masalah tersebut sehingga imbasnya langsung terasa pada rambut.

tags: