6 Makanan Sumber Protein Untuk Diet Vegan

makanan sumber proteinProtein merupakan sebuah nutrisi penting yang berguna untuk membantu pembentukan otot. Pria membutuhkan sedikitnya 56 gram protein sedangkan wanita hanya butuh sekitar 46 gram.

Nutrisi ini bisa didapat dari berbagai jenis makanan seperti sayur, buah dan telur. Namun makanan sumber protein yang paling populer adalah daging dan semua yang dihasilkan dari hewan ternak.

Masalahnya sekarang adalah anda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi daging bila sedang menjalankan diet vegan, metode ini jelas-jelas melarang keras para pesertanya untuk mengkonsumsi semua makanan yang dihasilkan dari hewan ternak.

Di satu sisi anda membutuhkan asupan protein yang baik untuk menjaga massa otot dan pembentukannya, namun di sisi lain anda juga dilarang mengkonsumsi daging.

Lalu bagaimana jalan keluarnya? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencari solusinya, karena ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber protein. Makanan ini diketahui memiliki kandungan protein yang tidak berbeda jauh dengan protein yang dikandung dalam daging.

Berikut adalah enam jenis makanan sumber protein untuk diet vegan seperti dilansir dari Aktual.ID.

1. Tempe

Di kalangan vegetarian, tempe dijadikan sebagai salah satu makanan penting untuk mencukupi semua kebutuhan protein. Makanan yang dihasilkan dari fermentasi kedelai ini sedikitnya mengandung 15 gram protein dalam setiap cangkirnya.

Selain protein, tempe dikenal memiliki jumlah serat yang sangat memadai sehingga membantu pencernaan berfungsi dengan baik. Meskipun rasanya kalah jauh dari daging, namun tempe bisa dijadikan sebagai salah satu makanan sumber protein.

2. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung protein dalam jumlah besar. Dalam satu cangkir kacang-kacangan mengandung protein yang bahkan lebih tinggi dibanding tiga ons daging sapi.

Kacang merah, kacang hitam, kacang tanah dan jenis lainnya bisa dijadikan sebagai pengganti daging. Anda bisa mengkonsumsinya mentah-mentah atau dimasak terlebih dahulu.

3. Quinoa

Makanan yang banyak dibudidayakan di negara Peru dan Bolivia ini dikenal sebagai makanan dengan kandungan nutrisi sangat tinggi, salah satu nutrisi tersebut adalah protein.

Dalam setiap 185 gram quinoa diketahui mengandung protein sebanyak 8,14 gram. Oleh sebab itu orang Bolivia dan Peru menjadikan quinoa sebagai salah satu makanan pokok mereka selama berabad-abad silam lamanya.

Makanan ini mungkin tidak begitu dikenal di Indonesia, baik dari bentuk, rasa dan dimana mendapatkan quinoa. Quinoa sebenarnya sudah banyak dijual di Indonesia, namun karena tidak begitu populer maka tidak terlalu banyak pedagang yang menyediakan quinoa.

Lalu apa itu quinoa? Quinoa merupakan biji-bijian berbentuk kecil bulat dan sedikit keras kulitnya, sedangkan warnya bisa kecoklatan atau kemerahan.

4. Daun bayam

Sayur kaya manfaat ini memiliki jumlah serat dan protein yang cukup tinggi, namun tidak semua daun bayam memiliki nutrisi tinggi.

Bayam yang masih hijau dan segar saja yang memiliki vitamin tinggi termasuk protein. Cara memasak daun bayam yang paling baik adalah dengan merebusnya, langkah ini dianjurkan agar kandungan nutrisi dan vitamin tidak mengalami kerusakan.

5. Kacang almond

Kacang almond juga dikenal sebagai makanan sumber protein oleh sejumlah pakar kesehatan, anda bisa mengkonsumsi kacang almond dalam bentuk aslinya ataupun dalam bentuk yang telah diproses terlebih dahulu seperti mentega dan juga minyak yang terbuat dari kacang almond.

6. Yogurt

Selain memiliki rasa yang enak, yogurt juga ternyata bisa membantu proses pembentukan otot. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dan vitaminnya.

Semua makanan sumber protein di atas bisa menjadi pengganti daging meskipun rasanya mungkin kalah enak dibanding daging.

Baca Juga : Bahaya Akibat Sering Begadang dan Biodata Taylor Swift

tags: