Enam Cara Mudah Meningkatkan Kolagen

cara meningkatkan kolagenKolagen adalah salah satu jenis protein yang membuat kulit tetap sehat, kencang, elastis dan jauh dari kerutan dan garis halus. Namun seiring bertambahnya usia seseorang maka kadar atau jumlah kolagen pada seseorang juga menurun sehingga berakibat pada menurunnya kekencangan kulit, munculnya garis dan kerutan serta berbagai tanda penuaan lainnya.

Lalau apakah jumlah kolagen tersebut bisa ditingkatkan kembali? Bisa dan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan jumlah kolagen, beberapa hal tersebut bisa anda baca di bawah ini.

Berikut adalah enam cara mudah meningkatkan kolagen seperti dinyatakan oleh Dr. Steven Zimme, seorang pakar kecantikan dan konsultan kulit selebriti Hollywood.

1. Lindungi dari kerusakan

Cara pertama yang bisa dilakukan tentunya dengan melindungi kolagen yang telah ada, perlu diketahui bahwa kolagen dapat rusak oleh berbagai hal seperti paparan sinar matahari. Sinar matahari diketahui dapat memecah kolagen sehingga kerusakan pada jenis protein ini tidak dapat dihindari.

Oleh sebab itu penggunaan krim tabir surya menjadi begitu penting bukan saja untuk melindungi kulit dari kerusakan namun juga melindungi jumlah kolagen yang ada.

Gunakan tabir surya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing, silahkan baca di halaman berikut untuk mengetahui krim tabir surya seperti apa yang sebaiknya digunakan.

2. Konsumsi makanan yang baik

Makanan berperan penting dalam mempertahankan kolagen dan meningkatkan produksi kolagen, semua makanan yang memiliki sifat antioksidan sangat diperlukan untuk mengembalikan jumlah kolagen pada seseorang. Makanan seperti ini bisa ditemukan pada sebagian besar sayur dan buah-buahan.

3. Oleskan krim antioksidan

Antioksidan diperlukan tubuh khususnya kulit untuk menangkal efek kerusakan yang mungkin ditimbulkan oleh sinar matahari. Antioksidan bisa didapat dengan cara mengkonsumsi makanan sumber antioksidan, bisa juga diperoleh dengan cara mengoleskan krim tertentu pada kulit.

Krim seperti ini biasanya ditemukan pada semua produk yang mengandung vitamin C dan E, silahkan perhatikan pada label produk tersebut.

4. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kolagen dan menghalangi tubuh dalam memproduknya kembali. Oleh karena itu bukan hanya pakar kesehatan saja yang menyarankan orang untuk berhenti merokok, namun juga ahli kecantikan.

5. Gunakan retinoid

Banyak penelitian yang menyebut bahwa retinoid efektif dalam mengurangi tanda penuaan dan sekaligus memicu produksi kolagen lebih tinggi lagi. Maka jangan heran jika retinoid banyak digunakan dalam pembuatan krim anti aging dan sejenisnya, silahkan lihat pada daftar kandungan produk anti aging milik anda untuk memastikan ada atau tidaknya retinoid dalam produk tersebut.

6. Terapi laser

Terapi laser ditujukan untuk menghilangkan kerutan dan garis halus secara instant, juga bisa digunakan untuk meningkatkan kadar kolagen pada seseorang. Sayangnya terapi ini membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit, namun melihat dari hasil dan manfaat yang diberikan maka biaya yang dikeluarkan sebanding dengan apa yang diterima oleh pengguna.

tags: ,