Enam Alasan Kenapa Harus Menggunakan Pelembab

Kenapa Harus Menggunakan PelembabBanyak wanita dan pria yang menggunakan produk pelembab di pagi maupun sore hari, hal itu rutin mereka lakukan dengan berbagai macam alasan. Namun sebagian kecil diantara mereka justru tidak memahami betul tentang alasan kenapa harus menggunakan pelembab.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa alasan utama kenapa para ahli kulit merekomendasikan tiap orang agar menggunakan pelembab secara rutin.

Berikut ini adalah enam alasan kenapa harus menggunakan pelembab seperti dirangkum dari banyak sumber.

1. Mengembalikan kelembaban

Alasan pertama tentu saja untuk mengembalikan kelembaban yang telah hilang akibat paparan sinar matahari, suhu tinggi dan lain sebagainya. Langkah ini dilakukan agar kulit tidak menjadi kering sehingga rentan terhadap berbagai kerusakan kulit seperti kulit bersisik, pecah-pecah dan pengelupasan tidak merata pada permukaan kulit.

Selain itu, penggunaan produk pelembab secara rutin juga berguna untuk memastikan agar kadar kelembaban kulit tetap terjaga sehingga potensi kerusakan akibat kulit kering bisa diperkecil.

2. Melindungi kulit

Selain berfungsi untuk mengembalikan dan menjaga kelembaban pada kulit, penggunaan pelembab secara teratur juga berfungsi untuk melindungi kulit dari terpaan angin dan suhu dingin yang dapat menyebabkan kulit kering.

3. Meredakan iritasi

Menggaruk bagian kulit yahng gatal sangat membahayakan karena bisa menyebabkan kulit lecet dan kerusakan di jaringan parut, sebagai solusinya kita bisa menggunakan pelembab untuk meredakan iritasi.

Pilihlah produk pelembab yang terbuat dari lidah buaya yang memiliki sifat alami menenangkan kulit, pastikan juga produk tersebut tidak mengandung pewangi buatan maupun zat kimia yang dapat memicu alergi.

4. Mencegah iritasi

Bukan hanya mampu meredakan iritasi, pelembab yang tepat juga bisa berguna untuk mencegah munculnya iritasi akibat alergi terhadap hal-hal tertentu. Cara kerjanya hampir sama dengan tabir surya yang melapisi permukaan kulit untuk menangkal radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar matahari.

Pelembab yang melapisi permukaan kulit berguna untuk mencegah terjadinya kontak secara langsung antara zat atau hal yang dapat memicu alergi serta iritasi dengan permukaan kulit.

5. Mempercepat penyembuhan

Banyak hal yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, salah satunya adalah sinar matahari dan zat kimia, pada kasus tertentu keduanya bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan seperti terbakar.

Pelembab berguna untuk meredakan gejala kerusakan akibat kedua hal tersebut dan sekaligus memberikan kelembaban untuk mempercepat proses penyembuhan.

Inilah salah satu alasan kenapa banyak ahli mengharuskan orang untuk menggunakan pelembab ketika permukaan kulit mereka terbakar oleh sinar matahari.

6. Mencegah munculnya keriput

Keriput atau apapun namanya merupakan tanda utama penuaan pada manusia, tanda ini pasti akan didapat manusia ketika usia mereka menginjak 35 ke atas. Meskipun tidak dapat dihindari, namun kemunculan keriput bisa diperlambat dengan cara mengoleskan pelembab secara teratur.

Produk pelembab yang bisa berfungsi untuk mencegah dan memperlambat munculnya keriput biasanya mengandung kinetin, retinol dan asam hidroksi.

Itulah beberapa alasan kenapa harus menggunakan pelembab, masih ada yang kurang atau belum disebutkan? Silahkan tambahkan.

tags: