Empat Zat Berbahaya Bagi Rambut

Zat Berbahaya Bagi RambutSetiap orang pasti menginginkan rambut sehat serta bebas dari segala macam gangguan dan kerusakan. Untuk mendapatkan keinginan tersebut kita menggunakan segala macam produk perawatan.

Harapannya adalah produk tersebut dapat membantu kita untuk mendapatkan apa yang kita idamkan selama ini. Meskipun harga yang ditawarkan relatif mahal namun tetap saja hal tersebut bukanlah menjadi suatu penghalang.

Tapi tahukah anda bahwa pada beberapa produk terdapat zat kimia berbahaya? Jika belum, silahkan lanjutkan membaca beberapa keterangan di bawah ini. Berikut adalah empat jenis zat berbahaya bagi rambut seperti dikutip dari banyak sumber.

1. Petroleum

Kata ini sering muncul di berbagai kilang minyak bumi, apakah ada hubungannya antara petroleum yang terdapat dalam label produk perawatan rambut dan tulisan yang ada dalam kilang minyak tersebut?

Sesungguhnya itu adalah hal yang sama dan sama sekali tidak berbeda. Benar, banyak produk perawatan untuk rambut maupun untuk kulit yang menggunakan senyawa yang berasal dari minyak bumi.

Jika diaplikasikan pada rambut atau kulit maka dapat berpotensi memicu alergi, kulit kering, pemebesaran pada pori-pori dan efek samping lainnya.

2. Pewarna buatan

Hampir seluruh produk menggunakan pewarna buatan, jika kita perhatikan lebih seksama pada produk sampo misalnya, akan dapat ditemukan warna-warna mencolok.

Memang terlihat indah dan atraktif, namun sayangnya itu hanyalah pewarna buatan yang dapat menimbulkan berbagai macam gangguan seperti peradangan dan iritasi.

Bisa dibilang mustahil menemukan produk perawatan rambut yang tidak menggunakan unsur pewarna buatan, oleh sebab itu solusi terbaik yang bisa kita ambil adalah memilih produk yang menggunakan sedikit pewarna. Silahkan lihat pada komposisi dasar yang biasanya ada dalam setiap kemasan.

3. Bahan pengawet

Untuk beberapa kasus, penggunaan bahan pengawet diperbolehkan. Namun tentunya harus tetap mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh BPOM atau lembaga sejenisnya.

Selain itu, bahan kimia yang digunakan juga harus memenuhi kriteria. Metil, propil adalah dua contoh senyawa kimia yang berbahaya bila dijadikan sebagai bahan pengawet.

Perhatikan kembali pada label produk tersebut, bila terdapat metil atau propil di dalamnya maka lebih baik beralih pada produk lain.

4. Pengemulsi

Beberapa zat kimia juga memiliki sifat emulsi, artinya jika zat ini diterapkan pada rambut maka rambut akan terlihat lebih indah dan lembut. Atas dasar inilah kenapa beberapa produsen menggunakan zat ini sebagai bahan pembuatan produk mereka.

Sayangnya zat ini memiliki banyak efek samping dan dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia. Hindari menggunakan produk perawatan kulit atau rambut yang mengandung zat kimia seperti ini karena hanya akan menimbulkan kerusakan.

Tips dan saran

Adakah cara mudah dalam memilih produk perawatan yang benar? Salah satu cara agar tidak salah memilih produk adalah dengan menggunakan produk dengan merk terkenal.

Produk tersebut bisa terkenal karena mampu bertahan dalam jangka waktu panjang dan telah banyak digunakan orang. Selain itu pastikan untuk selalu melihat kandungan produk tersebut.

tags: