Empat Tips Sederhana Merawat Kulit Berminyak

Tips Sederhana Merawat Kulit BerminyakMasih menggunakan kertas blotting untuk menyerap minyak berlebih dari wajah anda? Sudah saatnya berhenti menggunakan kertas tersebut dan lakukan beberapa metode sederhana untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Kertas blotting memang menjadi salah satu cara instant untuk menghindari terjadinya penumpukan minyak di permukaan kulit atau wajah, namun ini penggunaan benda tersebut hanya sebagai alternatif, tidak ditujukan untuk jangka panjang.

Jika ingin mengendalikan dan menurunkan produksi minyak berlebih, silahkan ikuti empat langkah sederhana di bawah ini. Berikut adalah empat tips sederhana merawat kulit berminyak seperti dikutip dari jurnal kecantikan online.

Bersihkan tanpa menghilangkan kelembabannya

Memang tidak mudah membersihkan kulit tanpa mengurangi kadar kelembabannya, ketika menggunakan suatu produk pembersih wajah tertentu maka dapat dipastikan kadar kelembaban kuloit akan berkurang dan beresiko terhadap masalah lain.

Oleh karena itu cobalah untuk mencari produk pembersih yang ditujukan untuk kulit berminyak, biasanya produk tersebut memang dirtancang untuk mengurangi minyak berlebih di wajah tanpa harus mengurangi kadar kelembabannya.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan produk tersebut, setelah itu teteskan pada spon lembut dan terapkan pada wajah sambil menekannya dengan lembut. Bilas sampai bersih dan biarkan mengering secara alami.

Gunakan tonner

Ini adalah hal wajib yang harus selalu dilakukan oleh orang yang memiliki kulit berminyak, sama dengan memilih pembersih, pilihlah tonner yang dibuat secara khusus untuk kulit berminyak.

Gunakan kapas saat menggunakannya ke wajah karena tangan cenderung menjadi tempat bakteri dan kuman, selain itu hasilnya pun tidak akan rata.

Gunakan masker wajah

Ini adalah inti dari topik kita kali ini, masker wajah yang ditujukan untuk kulit berminyak biasanya memiliki kandungan aktif yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus mencegah terjadinya penumpukan minyak dan sel kulit mati dari pori-pori.

Penumpukan sel kulit mati dan minyak dalam pori-pori dapat mengakibatkan munculnya jerawat, komedo dan masalah lainnya. Untuk itu masker ini harus digunakan setiap hari. Untuk resep dan cara penggunaannya, silahkan anda baca di halaman ini http://www.sukawera.com/mengatasi-kulit-berminyak-dengan-masker-pisang/.

Tabir surya

Sama halnya dengan jenis kulit lainnya yang membutuhkan tabir surya, kulit berminyak juga membutuhkan perlindungan dari bahaya sinar matahari yang dapat menimbulkan flek hitam dan tanda penuaan dini. Salah satu produk yang dapat mencegah bahaya sinar matahari adalah tabir surya.

Perlu diketahui bahwa tabir surya memiliki tingkat SPF yang berbeda-beda, biasanya dimulai dari 15 hingga 30 atau 50. Semakin tinggi tingkat SPFnya maka semakin kuat pula perlindungan yang diberikan oleh tabir surya tersebut.

Namun bukan berarti nilai tertinggi selalu lebih baik, pilihlah tabir surya dengan tingkat SPF yang cocok dengan aktifitas anda sehari-hari. Jika bekerja di dalam gedung, maka tabir surya dengan tingkat SPF 15 sudah cukup, namun jika aktifitas banyak dilakukan di bawah sinar matahari maka disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan tingkat SPF 30 ke atas.

tags: ,