4 Tips Perawatan Kulit di Musim Panas

perawatan kulit di musim panasPerawatan kulit akan lebih efektif hasilnya bila dilakukan dengan benar dan mengikuti ketentuan, selain itu cuaca juga sangat mempengaruhi kondisi kulit sehingga metode perawatan juga harus mengikuti apa yang dibutuhkan oleh kulit.

Musim penghujan sudah mulai berganti, dan beberapa hari atau minggu ke depan kita sudah masuk di musim kemarau atau musim panas. Sebelum masuk pada musim tersebut, pelajari dulu metode apa saja yang perlu dilakukan di musim panas terkait dengan perawatan kulit.

Berikut adalah empat tips perawatan kulit di musim panas seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Kenakan topi lebar

Salah satu hal paling berbahaya di musim panas adalah sorotan sinar matahari, bila seseorang terpapar oleh sinar ini dalam kurun waktu tertentu maka bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit dan rambutnya.

Rambut kering dan kulit kering adalah beberapa contoh dari efek paparan sinar matahari, untuk menghindarinya gunakan topi lebar yang mampu menutupi rambut dan wajah dari paparan sinar ultraviolet. (Baca : Cara Menghilangkan Stres dan Cara Shalat Istikharah)

Langkah ini tetap dianjurkan meskipun anda telah mengoleskan tabir surya. Hal yang tidak kalah penting adalah bagian mata, sinar matahari juga dapat merusak mata, untuk itu lindungi bagian tersebut dengan menggunakan kacamata hitam.

2. Lakukan eksfoliasi

Meskipun banyak orang berpendapat bahwa teknik ini hanya dijalankan ketika sedang bermasalah dengan kulit kusam, namun para ahli justru berpandangan lain.

Eksfoliasi tetap harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kulit tetap segar, halus, lembut dan cerah. Yang harus diperhatikan adalah intensitasnya.

Jika anda telah terlanjur bermasalah dengan pudarnya kecerahan kulit, maka lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dua minggu sekali.

Namun jika hanya untuk mempertahankan kecerahan dan kehalusan kulit, maka cukup lakukan sekali saja dalam setiap minggunya.

Silahkan baca dan ikuti cara pembuatan scrub untuk mengangkat kulit mati di halaman berikut (Baca: Angkat sel kulit mati dengan deep cleanser buatan sendiri).

3. Gunakan produk pelembab tepat

Di musim panas, kulit akan lebih rentan terhadap gangguan kulit kering. Gangguan ini biasanya ditandai dengan pengelupasan tidak merata, terlihat bersisik, kusam dan pecah-pecah.

Untuk mengatasi dan mencegah masalah tersebut, pastikan anda selalu menggunakan produk pelembab yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit masing-masing.

Ikuti tips dan rekomendasi para ahli tentang tips terbaik dalam memilih produk pelembab (Baca: Tips dari ahli dalam memilih pelembab).

4. Oleskan tabir surya

Seperti halnya topi lebar, tabir surya digunakan untuk menghalangi paparan sinar matahari secara langsung ke kulit. Cukup pilih lalu oleskan krim tabir surya ke seluruh anggota badan.

Oleskan setiap dua jam sekali bila anda berada di luar ruangan pada pukul 11 – 15. Pastikan pula anda telah memilih produk tabir surya yang tepat, silahkan ikuti tips memilih tabir surya di artikel berikut

Tips perawatan kulit di musim panas di atas bisa anda kombinasikan dengan metode lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Lainnya di : Dakwah Muslimah dan Berita Islam

tags: ,