Empat Tips Mudah Mengatasi Kulit Kering

Tips Mudah Mengatasi Kulit KeringBagi yang telah mencoba beberapa langkah dan produk tertentu untuk mengatasi kulit kering namun hasilnya masih nihil, mungkin perlu mencoba untuk merubah kebiasaan makan setiap harinya. Apa ada hubungannya antara makanan yang dikonsumsi dengan kuklit kering? Ada dan sangat erat sehingga tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Pola makan yang kurang baik bisa menimbulkan banyak gangguan baik pada organ dalam maupun organ luar seperti kulit. Beberapa makanan bahkan diduga kuat oleh para ahli dapat menyebabkan jerawat, sebut saja makanan berlemak, gula serta makanan yang memiliki indeks glisemik tinggi.

Lalu pola makanan seperti apa yang sebaiknya dijalankan untuk mengatasi kulit kering? Berikut ini adalah empat tips mudah mengatasi kulit kering seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Konsumsi asam lemak esensial

Asam lemak esensial dibutuhkan untuk melindungi lapisan kulit terluar, namun National Psoriasis Foundation menyatakan bahwa asam lemak yang digunkaan jangan sampai memiliki kandungan kolesterol tinggi. Asam lemak jenis ini bisa kita dapatkan dari minyak zaitun, gunakan minyak ini untuk menggantikan minyak goreng biasa yang cenderung memiliki kolesterol tinggi.

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak esensial yang baik untuk tubuh manusia, selain memiliki banyak nutrisi, minyak zaitun juga tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga aman bagi jantung.

Jangan lupakan juga minyak canola, minyak ini juga merupakan sumber asam lemak esensial yang tidak terlalu tinggi kadar kolesterolnya sehingga baik untuk kesehatan. Lalu kapan kedua minyak tersebut digunakan? Jika anda berniat untuk memasak dengan suhu tinggi maka gunakan minyak canola, namun untuk memasak dengan suhu rendah maka gunakan minyak zaitun.

2. Jus buah segar

Mengkonsumsi buah-buahan ataupun jus buah bukan hanya melindungi kita dari bahaya dehidrasi, namun juga mampu melindungi tubuh dan kulit dari bahaya radikal bebas.

Universitas Kentucky College of Agriculture menyatakan bahwa kandungan air dalam buah mendekati 80%. Berbagaia vitamin serta nutrisi pada buah juga diketahui dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, suatu protein yang berguna untuk kulit.

Bukan hanya membantu tubuh dalam meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap kencang, buah juga memberikan kadar kelembaban pada kulit sehingga terhindar dari kulit kering tanpa harus mengoleskan produk tertentu.

3. Sayuran berdaun hijau

Kandungan phytochemical yang terdaapt pada sauran berdaun hijau terbukti secara medis dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, kandungan tersebut juga melindungi kulit dari dalam terhadap efek sinar matahari pada kulit.

4. Konsumsi makanan yang mengandung asam lipoat

Seperti yang telah dijelaskan pada sebuah jurnal berjudul British Journal of Dermatology bahwa makanan yang mengandung asam lipoat dapat meredakan kulit kering yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Apa saja makanan yang mengandung asam lipoat? Tomat, hati, sayuran hijau dan daging unggas adalah beberapa contoh makanan yang menjadi sumber asam lipoat.

tags: