4 Senyawa dan Bahan Terbaik Untuk Kulit Berminyak

bahan terbaik untuk kulit berminyakSeperti telah dijelaskan pada kesempatan sebelumnya bahwa kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga produksi sebum cenderung berlebih.

Dalam Berita Hari ini, Kondisi ini membuat wajah seseorang tampak mengkilap dan berpotensi tinggi terhadap masalah jerawat dan komedo. Banyak cara yang sudah dijelaskan untuk mengurangi produksi minyak berlebih, baik cara tradisional maupun dengan bantuan produk tertentu.

Terlepas dari langkah yang dipilih, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pemiliki kulit berminyak. Mengevaluasi dan memeriksa kembali bahan atau senyawa yang ada dalam produk perawatan kulit menjadi penting.

Kenapa begitu penting? Ada sejumlah senyawa yang dapat memicu produksi minyak berlebih dan ada pula yang justru mengurangi produksi sebum.

Senyawa terakhirlah yang seharusnya menjadi pilihan terutama bagi orang yang kerap bermasalah dengan kulit berminyak.

Untuk mengetahui bahan apa saja yang baik bagi kulit berminyak, silahkan baca keterangannya di bawah ini. Setelah mengetahui bahan serta senyawa tersebut, maka yang harus dilakukan adalah memilih dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung semua atau salah satu senyawa yang ada dalam keterangan ini.

Berikut ini adalah empat bahan terbaik untuk kulit berminyak seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Minyak pohon teh

Minyak ini berfungsi untuk melarutkan sebum dan membasmi bakteri pemicu jerawat. Salah satu kelompok minyak esensial ini juga berguna sebagai antiseptik alami.

Minyak pohon teh umumnya terdapat dalam produk pembersih wajah yang banyak beredar luas di pasaran. Meskipun bersifat baik, namun tidak semua orang dianjurkan menggunakan produk yang mengandung minyak pohon teh.

Lawrence E. Gibson , MD, seorang dokter kulit dari Mayo Clinic menjelaskan bahwa bagi orang yang sedang bermasalah dengan jerawat rosacea dilarang menggunakan minyak pohon teh dalam bentuk apa pun.

Lalu apa itu jerawat rosacea? Jerawat rosacea adalah gangguan kronis pada kulit yang ditandai oleh warna kemerahan dan pembengkakan, luka yang ditunjukkan oleh gangguan ini sangat mirip dengan jerawat.

2. Asam salisilat

Asam ini berguna untuk membuka pori-pori kulit dan sekaligus membersihkan seluruh bakteri yang ada di dalamnya. Selain baik untuk kulit berminyak, asam salisilat juga dikenal sebagai suatu zat atau senyawa yang biasa digunakan dalam pengobatan komedo.

Terkait penggunaan asam salisilat, Seorang pakar kulit bernama Doris Day , MD, menyarankan untuk menggunkaan asam salisilat hanya di bagian zona T saja.

3. Benzoil peroksida

Manfaat dari benzoil peroksida adalah mempercepat proses pergantian kulit dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat, oleh sebab itu bahan ini lebih sering digunakan dalam pengobatan maupun pencegahan jerawat.

4. Asam glikolat

Asam ini terbuat dari pohon tebu dan berkhasiat untuk memperbaiki tekstur kulit. Senyawa ini termasuk bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

Lainnya di : Dakwah Muslimah dan Hukum Merayakan Ulang Tahun

tags: