Empat Ritual Kecantikan yang Dapat Mengiritasi Kulit

ritual kecantikanMemiliki kulit sensitif memang harus lebih berhati-hati dalam menerapkan produk kecantikan maupun produk perawatan kulit, jenis kulit ini memang terkadang menunjukkan reaksi berlebihan ketika terjadi kontak dengan bahan kimia yang berasal dari luar.

Namun bukan hanya bahan kimia saja, beberapa ritual kecantikan yang biasa dilakukan oleh banyak wanita juga menimbulkan iritasi jika diterapkan pada kulit sensitif.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah empat ritual kecantikan yang dapat mengiritasi kulit seperti dikutip oleh beberapa sumber terpercaya.

1. Facial ekstraksi

Salah satu metode perawatan wajah ini sudah biasa dilakukan oleh wanita, melakukan facial lengkap dengan ekstraksi bukan hanya dapat mengatasi komedo, namun juga mampu mengencerkan minyak pada pori-pori sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Namun karena sifatnya cenderung keras, maka metode ini sering berpotensi memicu terjadinya iritasi kulit. Bukan hanya iritasi, namun juga meningkatkan resiko seseorang terhadap kerusakan jaringan kulit dan kerusakan pada pembuluh darah apabila dilakukan dilakukan secara serampangan.

Untuk jenis kulit silahkan saja melakukan metode tersebut, bahkan banyak ahli menganjurkannya selama dilakukan dengan benar. Namun khusus untuk kulit sensitif kurang begitu dianjurkan, sebagai alternatifnya, para ahli merekomendasikan penggunaan produk mengandung retinoid ringan.

Produk yang dimaksud juga tidak boleh mengandung zat asam dan bahan kimia yang dapat menimbulkan iritasi.

Adapun penggunaan produk itu juga ditujukan sama seperti facial dengan ekstraksi, yakni membersihkan seluruh kotoran dari dalam lubang pori-pori.

2. Waxing

Ritual kecantikan ini bertujuan untuk mengahilangkan rambut halus dari wajah, tangan, punggung, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Sebuah metode penghilang rambut yang telah dikenal lama dan banyak dilakukan oleh wanita, selain karena terbilang mudah, waxing juga terbukti efektif.

Akan tetapi seorang pakar dermatologis bernama Dr. Laura Skellchock menyatakan bahwa, waxing meningkatkan potensi iritasi pada kulit sensitif.

3. Pengangkatan kulit mati dengan bahan kimia

Metode yang juga dikenal dengan sebutan ‘Chemical Peels’ ini bertujuan untuk mengangkat seluruh tumpukan sel kulit mati dari lapisan permukaan kulit.

Tujuan akhirnya tentu saja agar kulit lebih cerah, lembut dan terlihat lebih muda. Namun penggunaan bahan kimia khususnya asam glikolat dpat memicu iritasi pada kulit kering dan kulit sensitif.

Pernyataan di atas dikemukakan oleh seorang pakar kulit bernama Laura Myers, ia juga menyebut bahwa meskipun ada potensi iritasi yang ditimbulkan, bukan berarti meode ini tidak bisa digunakan sama sekali.

4. Mikrodermabrasi

Metode ini hampir sama dengan metode pengangkatan sel kulit lainnya, namun mikrodermabrasi lebih difokuskan pada pembuangan sel kulit di permukaan.

Bukan hanya kulit sensitif yang dapat terkena iritasi, namun jenis kulit lainnya juga memiliki resiko yang sama, terlebih jika teknik ini dilakukan secara tidak benar.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode ini dan sekaligus mempelajari cara melakukannya, silahkan baca di halaman berikut (Baca: Penjelasan lengkap tentang mikrodermabrasi dan cara melakukannya di rumah)

tags: