Empat Penyebab Rambut Bercabang dan Rambut Rontok

empat penyebab rambut bercabangRambut rontok atau bercabang merupakan dua jenis kerusakan rambut yang paling banyak dialami manusia terutama kaum wanita. Layaknya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, kerontokan atau rambut bercabang memiliki banyak penyebab, beberapa diantaranya telah kami jelaskan secara details di halaman berikut [Baca: Tujuh pemicu utama rambut bercabang].

Artikel kali ini hanya akan melengkapi apa yang belum sempat kami jelaskan di halaman tersebut, atau memang sekedar untuk kembali menggali lebih dalam dari apa yang telah ada.

Berikut ini merupakan empat penyebab rambut bercabang dan rambut rontok seperti dilansir oleh beberapa sumber dan pakar kesehatan rambut.

Perawatan rambut

Rambut, kulit dan seluruh bagian tubuh memang membutuhkan perawatan secara teratur agar kesehatannya tetap terjaga dan terhindar dari segala macam gangguan. Sayangnya masih banyak orang yang melakukan perawatan tanpa mengetahui dasar dan aturan-aturannya, akibatnya organ atau bagian tubuh tertentu justru megnalami kerusakan.

Contoh paling banyak untuk kasus ini adalah kulit dan rambut, kedua bagian manusia ini memiliki sifat dan jenis berbeda-beda. Perbedaan tipe tersebut memaksa kita untuk selektif dalam memilih produk perawatan yang benar-benar tepat.

Salah dalam memilih produk maka rambut atau kulit yang menjadi korbannya. Untuk itu pelajari terlebih dahulu jenis rambut masing-masing lalu carilah produk yang memang dirancang untuk rambut tersebut.

Malnutrisi

Malnutrisi bisa disebabkan oleh gangguan makan, diet yang terlalu ekstrim dan lain sebagainya. Gangguan makan bisa berupa bulimia dan anoreksia. Sedangkan diet yang melarang pesertanya untuk mengkonsumsi daging dapat beresiko tinggi terhadap kerontokan dan rambut bercabang.

Daging merupakan sumber protein terbaik untuk manusia, protein yang terkandung dalam daging dibutuhkan oleh rambut untuk memperkuat akar dan menjaga kesuburan rambut.

Banyak metode yang melarang pesertanya mengkonsumsi daging, salah satu contohnya adalah diet vegan. Ingin tahu lebih dalam tentang metode diet ini? Silahkan baca informasi lengkapnya di sini [Baca: Semua hal yang terkait dengan diet vegan].

Stres

Stres atau gangguan mental bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tekanan pekerjaan, tuntutan hidup, faktor penyakit dan lain sebaginya. Satu hal yang perlu kita ketahui dari gangguan ini adalah dapat menyebabkan produksi hormon kortisol yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Stres juga dapat menyebabkan kerontokan, meskipun beberapa orang berpendapat bahwa kerontokan tersebut hanya bersifat sementara dan rambut akan kembali tumbuh setelah keadaan membaik.

Hair dryer

Perangkat untuk mengeringkan rambut ini diketahui dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala kering. Akibatnya kelembaban alami pada keduanya akan menurun drastis dan kerontokan serta rambut bercabang tidak dapat dikendalikan.

Oleh karena itu banyak ahli merekomendaqsikan kita untuk hanya menggunakan hair dryer sesekali saja, hindari penggunaan yang terlalu sering untuk menghindari kerusakan pada kulit kepala dan rambut.

tags: