Empat Penyebab Penuaan Dini

Penyebab Penuaan DiniMunculnya keriput, flek hitam dan garis halus yang ada di bagian wajah dan sekitarnya menunjukkan terjadinya produksi kolagen yang mulai menurun, kondisi ini wajar bila disebabkan oleh pertambahan usia.

Namun jika kerutan tersebut muncul di kalangan remaja maka jelas ada sesuatu yang tidak wajar yang sedang terjadai pada tubuh mereka. Biasanya kondisi ini diakibatkan oleh suatu penyakit tertentu atau karena radikal bebas sehingga produksi kolagen menjadi terganggu.

Kerutan atau tanda penuaan yang muncul sebelum waktunya lebih dikenal dengan nama penuaan dini, banyak faktor yang melatarbelakangi persoalan ini, empat diantaranya akan kami ulas di sini.

Berikut adalah empat penyebab penuaan dini seperti dinyatakan oleh R. Y. Langham, Ph.D.

Ekspresi wajah

Gerakan wajah yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus. Gerakan yang dimaksud meliputi tertawa, tersenyum, cemberut dan ekspresi wajah lainnya.

Senada dengan teori di atas, Richard A. Cirelli , MD menyatakan bahwa ketika seseorang melakukan gerakan atau membentuk ekspresi wajah maka otot di bagian bawah permukaan kulit akan bergerak.

Saat ini dilakukan maka kelenturan kulit akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga pada akhirnya akan terbentu kerutan-kerutan di bagian tertentu.

Gravitasi

Gaya tarik bumi diketahui dapat mempengaruhi manusia baik dari sisi kesehatan maupun dari kelenturan kulitnya. Gravitasi ini membuat jaringan lunak dan tulang manusia menjadi lemah sehingga lambat laun tanda penuaan akan mulai muncul.

Tanda yang paling sering ditemukan adalah garis halus di bagian wajah tertentu seperti hidung, kelopak mata, daun telinga dan bibir. Pengaruhnya memang tidak langsung terlihat, butuh bertahun-tahun untuk bisa merasakan efek gravitasi bumi pada manusia.

Sinar matahari

Bila ada hal yang paling disalahkan terkait dengan penuaan dini, maka orang akan menunjuk pada sinar matahari. Meskipun manusia sangat bergantung pada sinar matahari, namun dalam beberapa kasus khususnya untuk kulit, matahari menjadi musuh utama.

Banyak pakar menyatakan bahwa seseoang yang berada di bawah sinar matahari selama beberapa menit saja dan dilakukan setiap hari selama beberapa tahun mendatang maka akan sangat nyata perubahan pada kulitnya.

Kulit akan berubah menjadi kasar, kering, muncul bintik-bintik hitam, kulit mengendur, masalah jerawat dan lain sebagainya. Bahkan paparan sinar matahari yang mengenai kulit dapat mengakibatkan kanker kulit.

Kondisi di atas disebabkan karena tubuh tidak mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak secara mandiri, kolagen akan pecah dan mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Merokok

Dilansir oleh BBC News, merokok dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam meregenerasi jaringan yang telah rusak, sehingga akan muncul kerutan dan garis halus permanen.

Ini bukan hanya berlaku bagi pelaku saja, namun juga bagi orang yang berada di sekitarnya karena bila kulit terpapar asap rokok maka berpotensi terhadap penuaan dini.

tags: