Empat Penyebab Ketombe Pada Anak

Penyebab Ketombe Pada AnakKetombe bisa terjadi pada siapa saja baik orang tua, remaja maupun anak kecil, pada remaja dan orang tua biasanya diakibatkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak atau terlalu kering. Kondisi ini menyebabkan pengelupasan kulit kepala dalam jumlah besar dan pada umumnya menyebabkan rasa gatal.

Sedangkan pada anak, ketombe biasanya sering dikaitkan dengan beberapa penyakit tertentu, meskipun tetap saja faktor penyebab ketombe yang terjadi pada orang tua dan remaja juga berlaku pada anak.

Berikut ini merupakan empat penyebab ketombe pada anak seperti dilansir dari berbagai sumber.

Penyakit eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang paling sering diderita oleh anak kecil, penemuan terbaru menunjukkan bahwa sekitar 20% anak kecil di dunia mengidap eksim.

Penyakit ini menunjukkan gejala seperti kulit bersisik, pecah-pecah dan kulit kering. Gejala-gejala tersebut bisa muncul di bagian tubuh manapun, termasuk pada kulit kepala.

Seorang anak yang mengidap eksim lebih rentan terhadap masalah ketombe dibanding lainnya.

Malassezia

Malassezia adalah salah satu jenis jamur yang sering ditemukan pada kulit kepala manusia, jamur ini tidak berbahaya jika jumlahnya tidak terlalu banyak.

Faktor penyakit dan gangguan hormonal dapat memicu pertumbuhan jamur lebih banyak dari biasanya, jika hal ini terjadi maka berpotensi mengiritasi kulit kepala dan memicu pengelupasan kulit kepala dalam jumlah besar.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak kecil dibanding pada remaja atau para orang tua.

Efek dari produk perawatan rambut

Mungkin produk ini pada umumnya tidak menyebabkan efek samping apa pun, namun pada beberapa anak yang sangat sensitif terhadap berbagai bahan kimia dapat memicu pengelupasan kulit secara tidak wajar. Kulit yang terkelupas berbentuk serpihan kecil yang lebih sering dinamakan dengan ketombe.

Selain pengelupasan pada kulit kepala, anak dengan tingkat sensitifitas tinggi juga merasakan rasa gatal, muncul warna kemerahan pada kulit kepala dan iritasi.

Oleh karena itu orang tua wajib memahami betul tentang produk perawatan rambut seperti apa yang cocok digunakan untuk anak, jika semua gejala di atas muncul maka sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut dan harus lebih hati-hati dalam memilih sampo dan produk perawatan rambut lainnya.

Produksi minyak berlebih

Kelenjar minyak yang terlalu aktif menyebabkan produksi minyak pada kulit kepala menjadi berlebihan, jika pada wajah dianggap memicu jerawat maka lain halnya jika kondisi itu terjadi pada kulit kepala.

Beberapa ahli menyatakan bahwa produksi minyak berlebih di kulit kepala menjadi salah satu penyebab ketombe pada anak menjelang masa remaja.

Beberapa penelitian lanjutkan juga menemukan bahwa produksi minyak berlebih di kulit kepala lebih sering dialami oleh anak laki-laki.

tags: