Empat Mitos Seputar Kulit Berminyak

Mitos Seputar Kulit BerminyakMitos atau anggapan yang salah bukan hanya ditemukan dalam perawatan rambut atau jerawat, namun juga ditemukan pada perawatan kulit berminyak. Ingin tahu mitos apa saja yang banyak diyakini orang kebenarannya namun terbantahkan oleh beberapa penelitian?

Berikut ini adalah empat mitos seputar kulit berminyak seperti dilansir dari beberapa sumber terpercaya.

1. Penggunaan tabir surya hanya memperparah keadaan

Ini merupakan anggapan yang salah dan cenderung menyesatkan, produk tabir surya kini memiliki banyak bentuk dan ragam. Sama halnya dengan produk kecantikan lain yang memiliki banyak varian untuk memenuhi kebutuhan tiap konsumen yang memiliki jenis kulit berbeda.

Jadi inti masalahnya adalah apakah seorang pengguna telah memilih dan menggunakan krim tabir surya yang sesuai dengan jenis kulitnya? Penggunaan produk tabir surya yang mengandung banyak minyak memang dapat memperparah kulit berminyak, oleh sebab itu selalu gunakan krim tabir surya yang berbasis cair jika kulit anda berminyak.

Tabir surya tetap merupakan produk penting yang harus digunakan oleh tiap orang apapun jenis kulitnya, tinggal sekarang menemukan produk tabir surya yang diformulasikan untuk jenis kulit seperti ini. Tidak sulit, karena banyak produsen yang telah memproduksi tabir surya berbasis mineral untuk memenuhi kebutuhan kulit yang bermasalah dengan minyak berlebih.

2. Minyak berlebih bisa dikendalikan dengan eksfoliasi sesering mungkin

Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati memang merupakan salah satu metode perawatan kulit yang banyak dilakukan orang. Namun eksfoliasi secara berlebih atau terlalu sering justru menimbulkan masalah lain.

Pengelupasan dengan intensitas tinggi dapat menghilangkan kelembaban kulit sehingga kulit akan lebih kusam, pecah-pecah dan bersisik. Jangan lupa bahwa metode ini sama sekali tidak mengurangi produksi minyak tersebut, bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa eksfoliasi terlalu sering justru membuat produksi minyak meningkat.

Perlu diketahui bahwa kulit kering bukan berarti bebas minyak, seseorang bisa bermasalah dengan kulit berminyak dan kulit kering sekaligus. Lalu eksfoliasi seperti apa yang dianjurkan? Para ahli menyarankan untuk melakukan eksfoliasi maksimal satu minggu sekali, lebih dari itu dapat memicu masalah lain.

3. Tidak ada produk yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak

Ini termasuk salah satu opini atau anggapan salah dan tidak berdasar sama sekali. Produksi minyak berlebih bisa ditekan sedemikian rupa bila pola makan, gaya hidup dan metode perawatan kulit yang dijalankan benar-benar tepat.

Untuk mengetahui gaya hidup atau kebiasaan apa saja yang diketahui dapat mengurangi produksi minyak berlebih, silahkan buka halaman ini [Baca: Lakukan empat hal ini untuk mengatasi kulit berminyak].

Untuk makanan yang bisa mengurangi masalah minyak berlebih, silahkan lihat daftar makanan apa saja yang dapat membantu seseorang terlepas dari masalah tersebut [Baca: Makanan yang harus dikonsumsi untuk emgnurangi minyak berlebih].

Sedangkan metode perawatan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengendalikan minyak berlebih pada wajah, anda bisa membacanya di sini [Baca: Penjelasan menyeluruh tentang perawatan kulit berminyak].

4. Sinar matahari dapat mengurangi produksi minyak

Termasuk salah satu anggapan yang tidak memiliki dasar sama sekali, sinar matahari justru menimbulkan masalah baru seperti muncul tanda penuaan dini, flek hitam, komedo, jerawat bahkan kanker kulit.

tags: