Empat Metode Penghilang Bekas Jerawat Terbaik

Penghilang Bekas JerawatMeskipun banyak produk yang diklaim dapat mengatasi bekas jerawat, namun faktanya tidak seperti apa yang telah mereka janjikan. Bekas jerawat yang bisa disembuhkan oleh sebagian besar produk yang beredar di luar tidak mampu dalam mengatasi bekas jerawat yang berbentuk cekungan atau lubang.

Karena pada dasarnya produk tersebut hanya mampu mengatasi atau megnurangi kerusakan jaringan yang berada di permukaan kulit, namun bila jaringan yang rusak lebih dalam lagi maka tidak ada gunanya.

Lalu metode apa yang dianggap paling baik oleh para ahli untuk mengatasi persoalan tersebut? Berikut adalah empat metode penghilang bekas jerawat terbaik seperti dilansir oleh Webmd.

1. Terapi laser

Terapi ini menggunakan sinar laser dan ditujukan untuk menghilangkan jaringan kulit yang telah rusak, bila jaringan tersebut berhasil dibuang maka jaringan baru yang ada di bawahnya akan mengganti jaringan rusak tersebut. Ini adalah cara instant yang paling banyak dipilih orang untuk mengatasi bekas jerawat membandel.

Metode ini banyak dipilih orang karena banyak ahli kulit yang merekomendasikan perawatan ini. Selain aman, hasilnya pun tergolong cepat, kita hanya memerlukan beberapa kali terapi saja dan kulit akan kembali halus seperti sediakala.

Namun perlu diperhatikan bahwa tingkat keparahan bekas luka pada tiap orang dapat menentukan seberapa lama terapi yang harus dijalankan, semakin parah bekas luka yang diderita maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan.

Terapi ini memang membutuhkan sejumlah biaya, namun biaya yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang nanti didapat oleh pengguna atau konsumen.

2. Dermabrasi

Terapi ini memiliki cara kerja dan tujuan yang sama dengan terapi laser, namun sedikit berbeda cara pelaksanaannya. Dermabrasi dilakukan untuk menghilangkan lapisan kulit yang telah rusak akibat bekas jerawat sehingga hasil dari regenerasi kulit dapat menggantikan permukaan atau jaringan rusak tersebut.

Metode ini bisa dilakukan di salon kecantikan, dokter kulit atau bahkan dilakukan di rumah dengan perangkat dan tahapan yang telah ditentukan. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan dermabrasi di rumah, silahkan ikuti petunjuk di halaman ini [Baca: Tahap-tahap melakukan mikrodermabrasi di rumah].

3. Terapi bedah

Bila bekas jerawat membentuk sebuah lubang atau kawah yang lebih dalam, maka metode ini yang harus dipilih. Memang biayanya tidak sekecil terapi lainnya, namun sangat efektif dan cepat dalam mengatasi bekas luka tersebut.

Pembeahan hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan para ahli atau dokter spesialis, hindari pembedahan yang dilakukan oleh tenga tidak profesional atau tidak memiliki sertifikat resmi.

4. Suntik kolagen

Alternatif terakhir adalah pengisian jaringan dengan memasukkan kolagen ke dalam jaringan kulit. Kolagen akan dimasukkan ke bagian bawah permukaan bekas jerawat dan mengisi ruang kosong atau cekungan yang terbentuk.

Mana yang seharusnya kita pilih dari semua metode di atas? Untuk menentukan metode apa yang akan dilakukan, konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit setempat, jangan tentukan pilihan sendiri karena kita tidak mengetahui lebih dalam tentang semua prosedur di atas.

tags: