Empat kelemahan diet zone

kelemahan diet zoneSelain berbagai manfaat yang ditawarkan oleh metode ini, kita juga harus memperhatikan dari sisi kelemahannya sebelum mulai memutuskan untuk menjalankan metode ini. Hal ini penting agar segala sesuatunya telah dipersiapkan jauh sebelum mulai menerapkannya.

Dengan mengetahui apa saja kelemahan dan kekurangan metode ini, maka diharapkan kita dapat melakukan berbagai langkah antisipasi dan semua opsi terbaik agar tujuan awal tidak melenceng dan dapat terlaksana sebaik mungkin.

Berikut ini adalah empat kekurangan atau kelemahan diet zone sepetti dilansir dari beberapa jurnal kesehatan dan pernyataan dari beberapa orang pesertanya.

1. Perhitungan rumit

Seperti dari namanya, teknik ini didasarkan atas berbagai perhitungan dasar seperti makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan ukuran badan, tinggi badan, berat badan dan lain sebagainya.

Setelah semua ukuran dasar tersebut kita ketahui maka sekarang tugas untuk memilih makanan yang akan dijadikan menu makan setiap hari selama proses ini berlangsung.

Makanan tersebut dibagi berdasarkan kandungan di dalamnya yakni 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Segala macam perhitungan dasar ini mungkin akan sedikit sulit diikuti oleh kebanyakan orang.

Oleh sebab itu banyak peserta yang membutuhkan referesnsi lebih dari satu buku atau sumber bacaan. Kekurangan ini sering kali dikeluhkan oleh banyak peserta di berbagai forum dan komunitas resmi mereka.

2. Semua makanan harus memiliki ukuran tepat

Tidak seperti metode lainnya, kita bisa mengira-ngira berapa banyak makanan yang dapat kita konsumsi hari ini dan selanjutnya. Pada diet zone semuanya harus mengikuti ukuran dan porsi yang jelas.

Ukuran sendok, piring dan berbagai macam tetek bengek lainnya harus sesuai dengan aturan dasar yang diberlakukan dalam teknik ini. Bagi sebagian orang hal ini tentu bukan hal mudah untuk dilakukan, oleh sebab itu banyak yang kebingungan dan akhirnya menghentikan program ini dan beralih ke program lainnya yang dianggap lebih mudah diikuti.

3. Diet tidak seimbang

Banyak ahli gizi yang mengkritik metode ini dan dianggap sebagai diet tidak seimbang. Tinggi protein namun rendah akan lemak dan karbohidrat tidak selalu baik untuk tubuh dan bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan bila pola ini dilakukan dalam waktu lama.

Sebagai contoh, ketika tubuh menerima protein dalam jumlah besar maka dapat memicu stres pada organ ginjal sehingga lambat laun organ tersebut akan mengalami kerusakan pada fungsinya.

Selain itu zone juga membatasi asupan karbohidrat, kita tahu bahwa dalam makanan berkarbohidrat juga ditemukan serat yang tinggi. Bila makanan ini tidak dapat dikonsumsi maka kita tidak dapat mendapatkan serat dari sumber-sumber tersebut.

Akibatnya tubuh akan kekurangan serat dan sistem pencernaan dapat terganggu, kondisi ini mengakibatkan kerusakan pada organ dalam karena racun dari sisa makanan tidak dapat dikeluarkan.

4. Penelitian yang dianggap kurang lengkap

Pencetus diet zone yakni Dr. Barry Sears telah melakukan berbagai macam penelitian terkait berat badan dan berbagai metode penanganannya, sayangnya ada beberapa hal kecil yang dianggap luput perhatian Barry sears oleh sejumlah pakar gizi dan kesehatan.

Oleh karena itu metode ini dianggap masioh membutuhkan penelitian lanjutan, dan seperti umumnya teknik yang belum final, tidak dianjurkan untuk dijalankan apalagi disebar luaskan.

Empat hal diatas merupakan beberapa kelemahan atau kekurangan dalam zone, meskipun demikian banyak selebriti Hollywood yang menjalankan program ini karena terbukti dapat menurunkan berat badan mereka.

tags: