Empat Kebiasaan yang Merusak Kecantikan

Merusak KecantikanDisadari atau tidak oleh wanita, banyak kebiasaan yang dapat berakibat buruk bagi penampilan dan kecantikan mereka. Ada banyak alasan kenapa hal tersebut tidak disarankan oleh para pakar kecantikan. Untuk mengetahui apa saja hal yang semestinya tidak dilakukan serta alasannya, silahkan baca informasinya berikut ini.

Di bawah ini merupakan empat kebiasaan yang merusak kecantikan dan mempengaruhi penampilan seorang wanita.

1. Menggigit kuku

Ini adalah salah satu kebiasaan yang bahakan tidak hanya dilakukan oleh wanita, banyak pria juga melakukannya. Kuku adalah salah satu anggota badan yang bersentuhan langsung dengan benda-benda di sekitarnya. Seperti diketahui bersama bahwa banyak ratusan hingga ribuan bakteri dan kuman yang menempel pada benda tertentu.

Ketika seseorang memegang benda tersebut maka bakteri dan kuman akan berpindah tempat dari benda ke tangan dan kuku. Inilah alasan utama dibalik anjuran untuk tidak menggigit kuku karena bakteri yang menempel di kuku bisa berpindah ke mulut dan berpotensi menginfeksi bagian tersebut.

Beberapa bakteri atau kuman bahkan bisa menimbulkan masalaha tersendiri pada kulit, untuk itu hindari kebiasaan yang satu ini.

2. Kebiasaan menyentuh wajah

Bila sesekali saja dilakukan tidak mengapa, namun bila terlalu sering melakukannya maka banyak hal yang mungkin dialami seperti masalah jerawat, iritasi dan lain sebagainya.

Sama dengan point pertama, tangan adalah bagian tubuh yang melakukan kontak langsung dengan benda di sekitarnya. Untuk itu bagian tubuh inilah yang banyak ditinggali oleh bakteri dan kuman. Menyentuh wajah dapat membuat kuman dan bakteri berpindah tempat dan menginfeksinya.

Jangan lupa bahwa salah satu penyebab umum masalah jerawat adalah infeksi bakteri, untuk itu kurangi kebiasaan ini atau setidaknya bersihkan bagian tangan sebelum menyentuh wajah.

3. Tidak mencuci wajah sebelum tidur

Aktifitas yang dilakukan di luar ruangan membuat permukaan kulit terpapar oleh polusi, bakteri, kuman, debu dan kotoran lainnya. Semua hal tersebut bisa memicu masalah jerawat, komedo, penuaan dini dan beberapa jenis kerusakan kulit yang lain.

Salah satu hal mudah untuk mencegah terjadinya hal buruk tersebut adalah dengan mencuci wajah secara teratur, salah satunya dilakukan sebelum tidur. Sayangnya masih banyak wanita yang merasa malas untuk membersihkan wajah sebelum tidur sehingga memberikan peluang bagi bakteri untuk menginfeksi dan merusak kulit.

4. Menggaruk ketombe

Menggaruk ketombe bukan hanya membuat serpihan ketombe jatuh dan mengotori rambut dan pundak, namun juga merusak permukaan kulit kepala. Rasa gatal mungkin menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang melakukan kebiasaan ini, oleh sebab itu penanganan secara tepat dan cepat harus segera dilakukan agar tidak mengarah kepada hal buruk lainnya.

Dari keempatnya, manakah yang biasa anda lakukan?

tags: