Empat Kebiasaan ini Dapat Mengatasi Kulit Berminyak

dapat mengatasi kulit berminyakYang kita inginkan adalah kulit bersinar, namun kadang yang kita peroleh adalah kulit yang mengkilap. Kondisi ini menunjukkan adanya produksi tinggi sebum sehingga wajah akan lebih berminyak dan terlihat lebih mengkilap.

Sudah banyak tutorial dan produk yang ditujukan untuk megnatasi kondisi ini, namun banyak diantaranya yang tidak menyertakan perawatan dasar yang seharusnya dilakukan sehingga hasil dan manfaatnya kurang begitu dirasakan oleh penggunanya.

Jika ingin kulit atau wajah kita bebas minyak, silahkan lakukan empat langkah berikut ini. Di bawah ini merupakan empat kebiasaan yang dapat mengatasi kulit berminyak seperti dikutip dari beberapa pakar kulit.

Memperbaiki kebiasaan makan

Dr. Stuart Kaplan menyatakan bahwa salah satu cara untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah adalah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas. Alasannya karena makanan pedas dapat membuat pembuluh darah yang berada di sekitar permukaan kulit akan melebar sehingga memicu produksi minyak berlebih.

Selain itu biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayur mayur serta hindari kebiasaan merokok, merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kolagen, salah satu protein penting untuk kulit.

Bersihkan pori-pori dengan benar

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah dua kali sehari menggunkana produk yang memang dirancang untuk kulit berminyak. Produk seperti ini biasanya berbasis mineral dan tidak mengandung minyak berlebihan.

Selain berguna untuk menjaga permukaan kulit tetap bersih, langkah ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa pori-pori tetap dalam keadaan bersih seperti dinyatakan oleh Dr. Kaplan.

Pori-pori bersih bebas minyak dan kulit mati dapat mengurangi resiko sseorang terhadap masalah jerawat dan komedo yang sering dialami oleh kulit berminyak.

Selain menggunakan produk pembersih yang dirancang untuk kulit berminyak, cobalah sesekali menggunakan masker tanah liat. Masker ini berguna untuk menyerap semua kotoran dari permukaan dan pori-pori kulit.

Untuk cara membuat dan cara penggunaan masker ini, silahkan baca di halaman ini [Baca: Cara mebuat dan menggunakan masker tanah liat].

Tetap gunakan pelembab

Anggapan sebagian besar orang tentang pelembab untuk kulit berminyak adalah tidak diperlukan. Anggapan ini muncul seiring dengan kondisi kulit berminyak yang terlihat lembab.

Padahal faktanya anggapan tersebut tidaklah benar, seperti diungkapkan oleh Leslie baumann yang menyatakan bahwa ketika pelembab tidak digunakan maka kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah besar untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan pada kulit.

Oleh sebab itu, penggunaan produk pelembab tetap dibutuhkan untuk jenis kulit apapun. Yang menjadi masalah adalah produk pelembab seperti apa yang cocok untuk jenis kulit seperti ini?

Untuk mencari tahu jawabannya, kami telah mengulasnya secara lengkap di halaman berikut ini [Baca: Produk pelembab terbaik untuk kulit berminyak].

Mengubah kebiasaan

Banyak kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari yang justru memperparah keadaan, salah satu contohnya adalah menyentuh wajah dengan tangan. Kebiasaan ini sangat berbahaya karena bakteri pada tangan dapat berpindah pada wajah dan kemudian menginfeksinya.

Ingatlah selalu bahwa salah satu penyebab masalah jerawat adalah infeksi baketri, sedangkan kulit yang paling sering bermasalah dengan jerawat adalah kulit berminyak.

tags: