Empat Jenis Vitamin Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Vitamin Untuk Mengatasi Kulit BerminyakKulit berminyak bukan semata diakibatkan oleh konsumsi makanan berminyak belaka, anggapan yang selama ini berkembang di masyarakat tersebut sebenarnya hanya merupakan salah satu pemicu dari sekian banyak penyebab lainnya.

Kekurangan vitamin tertentu juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi minyak berlebihan. Oleh karena itu memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari dianggap sebagai salah satu cara ampuh untuk mengurangi produksi minyak dalam tubuh.

Vitamin ini bisa kita peroleh dari sumber alaminya atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin. Namun sebaiknya hal tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda agar lebih memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, dan tentunya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu vitamin seperti apa yang harus dikonsumsi untuk mengatasi masalah minyak berlebih? Berikut penjelasan selengkapnya.

Di bawah ini adalah empat jenis vitamin untuk mengatasi kulit berminyak seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Vitamin A

Vitamin A berguna unutk melarutkan racun sekaligus mendorongnya keluar dari dalam tubuh, selain itu sifat antioksidan pada vitamin A juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan lebih cepat memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak.

Kandungan retinoid dalam vitamin ini juga diketahui ampuh dalam mengurangi sekresi minyak. Adapun takaran yang dibutuhkan oleh wanita berkisar antara 600 sampai 700 mcg perhari.

Vitamin C

Vitamin ini dikenal juga dengan sebutan asam askorbat, artinya jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit akan lebih kencang dan cerah.

Selain itu sifat antioksidan dalam vitamin C berguna unutk menangkal radikal bebas, radikal bebas yang mengenai kulit dapat menyebabkan penyeumbatan pada pori-pori sehingga menyebabkan kulit berminyak.

Untuk takaran yang dibutuhkan oleh kaum hawa setiap harinya adalah 75 mg, sedangkan pria membutuhkan vitamin C sekitar 90 mg perhari.

Zinc

Fungsi zinc atau seng bagi kulit diantaranya dapat mencegah iritasi dan infeksi bakteri pada pori-pori. Perlu diketahui bahwa Zinc hanya bisa diperoleh dari alam, tubuh manusia tidak memproduksinya sendiri. Bukan hanya mengurangi produksi minyak pada kulit, zinc juga dianggap mampu mencegah jerawat.

Takaran yang dibutuhkan oleh wanita dan pria relatif sama, yakni 40 mg setiap harinya. Namun karena dapat mengganggu keefektifan obat tertentu maka sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum mulai mengkonsumsinya.

Omega 3 asam lemak

Ketika tubuh memproduksi minyak dalam jumlah besar maka kulit akan mudah menyerap bakteri dan penyumbatan pada pori-pori akan lebih sering terjadi. Untuk menghindari ini maka salah satu jenis nutrisi yang harus dikonsumsi adalah omega 3 asam lemak.

Omega 3 ini berguna untuk mengendalikan hormon androgen yang memicu produksi minyak berlebih, selain itu bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti pengelupasan akibat kulit kering, jerawat dan komedo.

tags: