Empat Jenis Tipe Kulit dan Tips Perawatannya

tipe kulit dan tips perawatannyaSecara garis besar, jenis kulit terbagi menjadi empat macam yakni tipe kulit kombinasi, berminyak, kering dan sensitif. Berbeda tipe maka berbeda pula metode perawatannya, oleh sebab itu ketahui terlebih dahulu tipe kulit yang anda miliki sebelum melakukan perawatan.

Untuk memudahkannya, berikut kami sampaikan empat jenis tipe kulit dan tips perawatannya seperti dilansir dari banyak sumber.

1. Kulit sensitif

Jenis ini sangat mudah terkena iritasi dan peradangan, kulit akan cepat berubah menjadi merah disertai dengan gatal-gatal dan panas.

Jika anda sering mengalami hal ini maka kemungkinan besar tipe kulit yang anda miliki adalah sensitif. Untuk perawatannya lakukan tiga langkah sederhana berikut:

  1. Gunakan krim malam secara teratur, pilih krim yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Langkah ini berguna untuk menenangkan kulit.
  2. Cuci dua kali sehari, gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengeringkan
  3. Gunakan tabir surya yang dilengkapi dengan pelembab, produk ini sudah banyak tersedia di toko kecantikan

Pastikan untuk melakukan beberapa langkah penting lainnya yang pernah kami jelaskan di sini >>> Kumpulan tips merawat kulit sensitif.

2. Kulit kombinasi

Dinamakan kombinasi karena bagian pipi anda terasa kering sedangkan bagian hidung, dahi dan dagu cenderung berminyak. Bagi anda yang memiliki jenis kulit seperti ini, silahkan ikuti tips perawatannya di bawah ini:

  • Gunakan pembersih wajah yang berbusa ringan, sangat dianjurkan untuk menggunakan produk pembersih yang mengandung teh hijau
  • Gunakan pelembab setiap hari terutama ketika musim panas datang
  • Gunakan kain pembersih dan penyerap minyak di siang hari untuk membersihkan bagian dahi, dagu dan hidung

Ingat, berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan produk pelembab, jika belum tahu jenis pelembab apa yang cocok untuk tipe kulit ini, silahkan baca rekomendasi pakar kulit dalam memilih produk pelembab untuk kulit kombinasi >>> Tips memilih pelembab untuk kulit kombinasi.

3. Kulit berminyak

Tipe ini ditandai dengan keluarnya minyak berlebih di seluruh bagian wajah, orang yang memiliki jenis kulit ini biasanya memiliki ukuran pori-pori besar.

Untuk merawatnya, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Pilihlah produk pembersih wajah yang megnandung asam hidroksi dan asam salisilat, produk ini berguna untuk mengangkat minyak berlebih dan sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori
  • Gunakan pelembab yang memiliki fungsi ganda yakni melembabkan dan sekaligus menyerap minyak
  • Gunakan krim wajah untuk mencegah masalah jerawat karena jenis ini sangat rentan terhadap jerawat dan komedo

Baca pula seluruh tips perawatan untuk kulit berminyak di halaman ini >>> 17 tips merawat kulit berminyak.

4. Kulit kering

Jenis kulit ini cenderung terlihat lebih kusam, bersisik dan sering mengalami gatal-gatal. Jika ini tipe yang anda miliki maka lakukan beberapa hal di bawah ini sebagai langkah perawatannya:

  1. Pilih pembersih yang mengandung minyak zaitun dan gunakan maksimal dua kali sehari
  2. Gunakan pelembab yang mengandung gliserin agar kelembaban selalu terjaga
  3. Di malam hari, gunakan krim malam yang mengandung vitamin C

Jangan lewatkan pula untuk membaca 12 tips perawatan kulit kering di halaman ini >>> 12 langkah mudah merawat kulit kering.

Dengan mengetahui jenis dan tipe kulit anda, maka metode perawatan yang dilakukan dapat bekerja secara maksimal.

tags: