Empat jenis olahraga untuk mencegah rambut rontok

olahraga untuk mencegah rambut rontokRambut rontok sebenarnya bisa dihindari jika langkah pencegahan kita lakukan sedini mungkin, banyak tutorial dan panduan yang telah diajarkan para ahli untuk melakukan pencegahan tersebut.

Beberapa diantaranya seperti membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, melakukan pemijatan kulit kepala dengan berbagai jenis minyak esensial dan masih banyak lainnya.

Semua tips dan caranya pernah kita ulas di halaman berikut [Baca: Pola makan ini dapat mencegah kerontokan dan cara alami mencegah rambut rontok].

Selain cara-cara yang ada di kedua halaman tersebut, kita juga bisa mencegah gangguan ini dengan melakukan beberapa jenis olahraga, mungkin cara ini kurang dikenal namun telah dibuktikan oleh para ahli.

Berikut ini merupakan jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk mencegah rambut rontok, teori ini kami dapatkan dari beberapa pernyataan pakar rambut yang tertulis dalam sebuah jurnal.

1. Berjalan kaki

Seperti dinyatakan oleh American Heart Association bahwa berjalan dapat meningkatkan denyut jantung dan menyehatkan rambut, lakukan olahraga ringan ini minimal lima kali seminggu.

Untuk menjalankannya kita mulai secara bertahap, untuk hari pertama kita lakukan selama lima menit dan terus ditingkatkan di hari-hari berikutnya sampai kita mampu melakukannya selama 30 menit.

Latihan ini bisa kita lakukan baik di dalam maupun di luar rungan, jika melakukan latihan ini di luar ruangan sebaiknya ajaklah sahabat atau keluarga agar latihan bisa dilakukan sambil membicarakan topik yang kita sukai.

2. Melakukan kegiatan sehari-hari

Dengan melakukan kegiatan sehari-hari seperti membersihkan kebun, ruangan dan lainnya dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kita tahu bahwa salah satu syarat rambut sehat adalah sirkulasi darah lancar.

Sirkulasi ini dibutuhkan agar semua protein dan vitamin yang kita dapatkan dari makanan bisa dialirkan dengan baik ke kulit kepala khususnya folikel.

Saat folikel menerima asupan protein serta nutrisi dengan benar maka akar rambut akan semakin kuat dan tidak mudah rontok.

3. Berenang

Berenang bukan saja dapat melatih sendi-sendi kita dan mencegah gangguan pada persendian, latihan ini juga bisa membantu kita untuk mendapatkan rambut kuat dari akar dan mencegah kerontokan.

Lakukan renang dari satu titik ke titik lainnya, setelah itu beristirahatlah selama 1 atau 2 menit. Ulangi lagi latihan tersebut kemudian beristirahat selama 5 menit. Ini dilakukan untuk memberikan organ jantung dan paru-paru waktu istirahat.

4. Bersepeda

Meskipun di beberapa daerah olahraga ini semakin sulit dilakukan karena minimnya lahan, namun kita bisa melakukannya sesekali di pagi hari saat kebanyakan orang masih berada di rumahnya masing-masing.

Bersepeda dapat menurunkan stress dan depresi, kedua gangguan ini diketahui dapat memproduksi senyawa yang berbahaya untuk rambut. Oleh karena itu, stress dan depresi haru benar-benar dihindari jika tidak ingin rambut mengalami kerontokan.

tags: