Empat Jenis Makanan Untuk Kulit Berminyak

Makanan Untuk Kulit BerminyakKulit berminyak muncul ketika kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dalam melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya sel kulit mati akan dipenuhi oleh minyak tersebut dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, penyumbatan ini biasanya akan berkahir dengan munculnya gangguan jerawat. Jerawat sendiri merupakan salah satu jenis gangguan kulit yang paling banyak diderita oleh penduduk bumi.

Produksi minyak berlebih sendiri belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun stres, perubahan hormon dan depresi diperkirakan memiliki peranan besar atas masalah tersebut.

Selain bisa diatasi dengan melakukan berbagai teknik pengobatan, produksi minyak berlebih juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Berikut adalah empat jenis makanan untuk kulit berminyak agar produksi sebum bisa dikurangi.

Biji-bijian

Biji-bijian memiliki indek glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan naiknya kadar gula pada seseorang. Perlu diketahui bahwa kadar gula memberikan pengaruh langsung atas produksi minyak berlebih dan masalah jerawat.

Selain itu biji-bijian juga dikenal sebagai makanan tinggi serat, protein dan antioksidan yang keseluruhannya baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. Biasakan untuk mengkonsumsi biji-bijian seperti gandum tanpa olahan agar produksi minyak dapat dikurangi.

Sayur dan buah-buahan

Buah dan sayuran kaya akan vitamin, nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang dibutuhkan kulit adalah vitamin A, vitamin ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan berbagai obat yang mengandung retinoid. Retinoid sendiri merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit dan sebagai pembersih kulit dari minyak.

Beberapa jenis sayur dan buah yang mengandung vitamin A diantaranya mangga, jeruk, brokoli, aprikot, wortel, labu dan lain sebagainya.

Ikan

Selain dikenal mengandung omega3, ikan laut juga mengandung banyak zinc atau seng. Zat ini sangat baik untuk kulit karena terbukti dapat mencegah masalah jerawat dan kulit berminyak.

Untuk itu pakar kulit merekomendasikan untuk selalu mengkonsumsi ikan segar minimal tiga kali seminggu, selain baik untuk kulit, kandungan mineral dan nutrisi dalam ikan diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Minyak nabati

Tidak mungkin manusia bisa menghindari minyak dalam makanan, makanan gorengan adalah salah satu makanan yang menggunakan minyak saat pembuatannya.

Konsumsi makanan berminyak memang meningkatkan resiko seseorang terhadap produksi minyak berlebih. Untuk mencegah hal ini maka dianjurkan untuk mengganti minyak goreng biasa dengan minyak nabatai seperti minyak zaitun.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit, selain itu sifat antioksidan pada minyak zaitun berguna dalam mencegah radikal bebas dan menjaga fungsi jantung.

Selain mudah didapat, harganya pun tidak lebih mahal dari minyak goreng yang biasa kita gunakan. Jadi kenapa harus ragu? Cobalah untuk menggunakannya mulai dari sekarang.

tags: