Empat Gejala Rambut Bercabang

gejala rambut bercabangKerusakan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, adapun jenis kerusakan yang paling ditakuti manusia adalah kerontokan dan ketombe, Sedangkan kerusakan yang sering menimpa banyak orang terutama wanita adalah rambut bercabang.

Perpecahan yang terjadi di ujung rambut ini disebabkan oleh banyak hal seperti kelembaban yang tidak terjaga, kekurangan nutrisi dan vitamin, radikal bebas serta gaya hidup yang kurang baik.

Kebanyakan orang baru mengambil langkah pengobatan setelah masalah tersebut muncul, akhirnya banyak waktu terbuang sia-sia hanya untuk mengurusi persoalan tersebut.

Bila langkah pencegahan dilakukan sedini mungkin maka masalah tersebut tidak akan muncul, atau paling tidak dapat dicegah sedini mungkin. Untuk dapat mencegahnya memang dibutuhkan pengetahuan lebih seperti mengerti apa saja gejalanya dan tentunya bagaimana cara mencegah persoalan tersebut dengan benar dan tepat.

Kali ini kami hanya akan menjelaskan tanda apa saja yang biasa ditemukan ketika masalah tersebut sedang menimpa rambut, berikut adalah empat gejala rambut bercabang seperti dilansir oleh WebMd.

Rambut lengket dan lepek

Kondisi ini menjadi tanda awal terjadinya kerusakan dan rambut bercabang, jika setelah mandi rambut sangat susah diatur karena lengket atau terasa lepek maka segera lakukan langkah pencegahan agar tidak berlanjut menjadi masalah serius kedepannya.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan diantaranya adalah berenang di kolam renang yang kotor, tidak menggunakan pewarna rambut, menghindari hair dryer atau produk styling yang membutuhkan suhu tinggi.

Rambut kusut

Kusut dan susah diatur menandakan kulit kepala mengalami kekeringan, seperti dijelaskan pada halaman sebelumnya bahwa salah satu penyebab utama rambut bercabang adalah tingkat kelembaban yang menurun drastis baik pada kulit kepala maupun pada helaian rambut.

Untuk mencegahnya silahkan oleskan minyak zaitun dan lakukan pemijatan secara teratur sampai kelembaban kulit kepala kembali seperti sedia kala. Hindari pula sisir yang terlalu ketat karena dapat merusak batang rambut.

Elastisitas rambut

Cabut satu helai rambut lalu masukkan ke dalam gelas berisi air, tunggu beberapa saat lalu keluarkan kembali dari gelas. Jika hasilnya rambut tetap dalam keadaan semula maka itu menandakan rambut dalam kondisi sehat dan tidak ada masalah.

Namun jika ternyata rambut berubah mengembang atau berubah dari bentuk asalnya maka jelaslah sudah ada sesuatu yang salah. Cari tahu apa masalah tersebut dan segera lakukan pencegahan sebelum berubah menjadi masalah serius.

Membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering

Tanda terkahir rambut bercabang adalah membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa kering. Pada rambut sehat, hanya membutuhkan beberapa saat saja untuk bisa kering sempurna, hal ini tidak akan ditemukan pada rambut yang sedang mengalami masalah.

tags: