Empat Efek Samping Tar Dalam Sampo

efek samping tar dalam sampoZat Tar yang ada dalam sampo biasanya digunakan untuk menghilangkan ketombe, oleh sebab itu sampo ini juga sering dinamakan dengan sampo anti ketombe. Secara garis besar, tar memang terbilang ampuh dan efektif dalam mengendalikan ketombe. Namun apakah zat ini cukup aman digunakan oleh manusia, jika tidak apa saja efek samping yang timbul akibat penggunaan produk yang mengandung Tar?

Berikut penjelasan lengkap tentang efek samping tar dalam sampo yang mungkin dialami oleh beberapa penggunanya.

1. Fotosensitifitas

Fotosensitifitas merupakan kondisi dimana seseorang mengalami lonjakan tingkat sensitifitas terhadap paparan sinar matahari. Tar yang ada dalam sampo biasanya memicu kondisi tersebut sehingga banyak ahli mengajurkan para pengguna produk tersebut untuk menghindari paparan sinar matahari minimal 24 jam setelah pemakaian.

Anjuran ini bukan berarti anda harus tetap berdiam diri di dalam rumah, namun lebih pada memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan kulit, tabir surya adalah salah satu solusinya.

2. Iritasi kulit

Beberapa orang merasakan gatal-gatal, munculnya bercak merah, rasa panas di bagian kulit maupun kepala serta tanda atau gejala iritasi lainnya. Meskipun kondisi ini hanya terjadi pada beberapa orang saja namun dampaknya cukup berbahaya, untuk menghindari bahaya lebih parah, hentikan penggunaan sampo atau produk yang mengandung tar.

Apabila terus menggunakannya maka berpotensi menimbulkan pembengkakan dan kulit terbakar. Kunjungi dokter untuk mengetahui jawaban tentang aman atau tidaknya sampo tar untuk anda.

3. Meninggalkan noda

Tar batubara sejatinya meninggalkan noda yang kuat sehingga tidak mudah untuk menghilangkannya. Jika produk yang mengandung banyak tar mengenai kulit, wajah atau bagian tubuh lainnya maka noda yang ditinggalkan sangat sulit untuk dibersihkan.

Butuh waktu lama untuk menghilangkannya, namun jika noda tar tersebut mengenai baju atau kain maka noda yang ditinggalkan bisa bersifat permanen atau tidak bisa dihilangkan sama sekali.

Efek ini memang tidak membahayakan kesehatan, namun cukup mengganggu terlebih jika noda tersebut mengenai baju kesayangan anda.

4. Alergi

Meskipun tidak terjadi pada semua orang, tar bisa memicu alergi pada beberapa orang. Reaksi ini muncul dengan ditandai oleh rasa gatal, munculnya ruam pada kulit, sesak nafas, pembengkakan pada bagian mulut atau wajah.

Alergi yang diakibatkan oleh adanya kontak antara kulit dan tar tidak boleh dianggap sepele, orang yang mengalaminya harus segera dilarikan ke rumah sakit karena reaksi alergi akibat tar bisa memicu kematian.

Saran dan tips

Selalu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan produk berbahan kimia tertentu bila memungkinkan, jika tidak maka dianjurkan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada produk tersebut.

Uji coba dilakukan dengan mengoleskan produk ke punggung tangan dan tunggu beberapa jam, jika tidak menimbulkan reaksi negatif maka produk mungkin aman digunakan.

Selain itu pantau terus perkembangan tubuh dan kulit setelah menggunakan produk yang emgnandung tar, jika ditemukan reaksi negatif atau efek samping tar dalam sampo maka segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter.

tags: