Empat efek samping pewarna rambut

efek samping pewarna rambutMenggunakan pewarna rambut memang cara paling instant untuk mendapatkan rambut berkilau sesuai dengan haparapan kita selama ini, sayangnya banyak pewarna yang menggunakan bahan kimia sehingga bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Telah banyak kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan produk ini, terutama jika penggunaan dilakukan secara berlebihan dan tanpa mengikuti aturan berlaku.

Ingin tahu efek apa saja yang mungkin didapat setelah kita menggunakan pewarna? Di bawah ini penejelasannya. Berikut ini adalah empat efek samping pewarna rambut seperti dilansir oleh beberapa pakar rambut.

1. Membuat rambut kering

Bukan rahasia lagi bahwa dalam beberapa produk terdapat senyawa kimia yang bila diterapkan langsung pada rambut dapat mengikis kadar kelembabannya. Bila kulit kepala dan helaian kehilangan kelembabannya maka lambat laun akan berhadapan dengan masalah rambut kering.

Pecah-pecah, kusam, kusut dan susah diatur adalah beberapa contoh gangguan yang akan hadir ketika kadar kelembaban pada kulit kepala jauh menurun. Salah satu langkah mudah untuk mencegah kemungkinan buruk ini adalah dengan menggunakan kondisioner secara tepat.

2. Penipisan

Sebenarnya ini efek paling berbahaya yang harus diperhatikan oleh seluruh konsumen. Penipisan yang terjadi bukanlah hal biasa, gangguan ini merupakan tanda atau gejala awal kerontokan yang berakhir dengan kebotakan permanen bila tidak segera mendapat penanganan tepat.

Oleh sebab itu hentikan pemakaian suatu produk bila masalah ini yang kita hadapi setelahnya, kecuali jika kita telah siap kehilangan rambut secara permanen.

3. Menjadi ikal atau keriting

Sederhana saja, ketika kulit kepala kehilangan kadar lembabnya maka akan lebih sulit diatur dan cenderung ikal. Perubahan tekstur ini bukan sesuatu yang bisa kita abaikan begitu saja.

Segera periksakan ke dokter atau ahli terdekat untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dan konsultasikan tentang produk pewarna yang akan atau telah anda gunakan.

4. Kehilangan warna alami

Setiap orang dilahirkan ke dunia ini dengan warna rambut berbeda-beda, warna alami ini begitu indah bila dirawat dengan baik-baik. Penggunaan produk pewarna secara berkepanjangan hanya akan menimbulkan kerusakan.

Salah satu contoh kerusakan yang mungkin kita dapatkan adalah warna alami akan memudar dan mudah kusut. Bila kondisi ini telah terjadi maka rambut akan lebih kusam dibanding sebelumnya.

Keempat efek di atas telah dinyatakan oleh banyak pakar agar kita dapat lebih waspada dan cerdas dalam melakukan sesuatu. Ada beberapa cara yang bisa kita jalankan untuk mengurangi potensi kerusakan akibat pewarna.

Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan produk pewarna kadaluarsa, tidak berlebihan saat menggunakannya dan tentunya berkonsultasi dengan dokter atau pakar kecantikan terdekat.

Selain itu hindari pula hair dryer karena akan memperparah kerusakan, gunakan sampo ringan dan kondisioner untuk mempertahankan kelembaban yang mungkin telah hilang.

tags: