Empat Efek Samping Diet Palumbo Keto

efek samping diet palumbo ketoPenelitian yang dipublikasikan pada tahun 2007 dalam sebuah jurnal American Medical Association menyatakan bahwa dengan menjalankan diet keto dapat memungkinkan seseorang untuk membakar lemak lebih besar dan memberikan berat badan ideal.

Fokus besar metode ini adalah membatasi asupan karbohidrat yang masuk setiap harinya, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai prinsip dasar dan cara kerja metode ini, silahkan baca artikel kami lainnya.

Namun sama halnya dengan metode lain yang telah ada sebelumnya, efek samping mungkin ditemukan pada beberapa orang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan program diet ini.

Hal ini bertujuan agar dapat terhindar dari segala kemungkinan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah empat efek samping diet palumbo keto seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Kekurangan mineral dan vitamin

Vitamin dan mineral bersumber dari buah dan sayur-mayur, saat kita menjalankan diet ini maka tidak semua buah dan sayur bisa dikonsumsi. Akibatnya kita kehilangan kesempatan untuk menerima asupan vitamin dan mineral dalam jumlah besar.

Kekurangan vitamin serta mineral sangat berbahaya untuk tubuh jika berlangsung dalam jangka panjang. Meski demikian, kondisi ini bisa sedikit diatasi dengan mengkonsumsi suplemen dan multivitamin. Ini adalah satu-satunya jalan agar tubuh tetap menerima asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkannya.

2. Performa menurun

Sumber bahan bakar utama otot adalah glikogen, sayangnya unsur ini bisa didapat dari makanan berkarbohidrat. Dalam diet palumbo, karbohidrat sangata dibatasi, oleh sebab itu tidak mengherankan jika para pesertanya akan mengalami penurunan performa jika menjalankan metode ini dalam waktu lama.

Untuk mengatasi hal ini, tidak ada jalan lain kecuali mengkonsumsi makanan berkarbohidrat meskipun dalam jumlah sangat terbatas.

3. Kekurangan cairan

Dalam satu gram zat gula maupun glikogen, terkandung 4 gram air. Saat seseorang menjalankan palumbo keto maka ia akan kehilangan zat gula dan glikogen.

Akibatnya tubuh akan cepat kehilangan cairan, bila tidak diimbangi dnegan meminum banyak air maka dapat dipastikan orang terbut akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, karena ketika dehidrasi terjadi maka tubuh akan mengalami penurunan metabolisme sehingga fungsi organ tubuh akan mengalami penurunan.

4. Kekurangan serat

Ada kemungkinan besar pelaku metode ini mengalami kekurangan serat, hal ini berkaitan erat dengan salah satu aturan yang menyatakan bahwa sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi selama diet berlangsung tidak boleh mengandung serat.

Kekurangan serat dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu, pencernaan yang tidak berfungsi secara maksimal dapat memicu berbagai jenis penyakit.

Anjuran dan saran

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir efek samping di atas, oleh sebab itu kunjungi dokter terdekat untuk mendapat saran dan petunjuk tepat dalam menjalankan palumbo keto.

tags: ,