Empat Cara Mudah Membersihkan Pori-Pori

Membersihkan Pori-PoriMungkin banyak wanita yang telah mengetahui hal apa saja yang terdapat dalam lubang pori-pori. Minyak berlebih, sel kulit mati, kuman maupun bakteri biasa mendiami bagian tersebut lalu berkembang biak dan kemudian menginfeksinya.

Semua hal yang telah disebutkan di atas berpotensi membuat pori-pori tersumbat untuk kemudian memicu masalah lain seperti komedo dan jerawat. Jerawat dan komedo memang menjadi masalah utama kerusakan kulit dan salah satu penyebab utama jerawat adalah infeksi bakteri serta penyumbatan pori-pori.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita bisa mulai membersihkan lubang pori-pori secara teratur. Lalu bagaimana cara paling mudah dalam membersihkan pori-pori? Silahkan baca tips-tipsnya di bawah ini.

Berikut adalah empat cara mudah membersihkan pori-pori seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Membersihkan muka

Cara pertama tentu saja dengan membersihkan wajah secara teratur dengan menggunakan pembersih wajah lembut dan tidak mengiritasi. Langkah ini sebaiknya hanya dilakukan maksimal dua kali sehari, satu kali setelah bangun tidur dan terakhir dilakukan tepat sebelum beranjak tidur.

Penggunaan pembersih wajah di pagi hari bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, sedangkan mencuci wajah pada malam hari bertujuan untuk membersihkan semua sisa makeup, kosmetik, debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit setelah beraktifitas seharian penuh.

Ingatlah selalu agar menggunakan produk pembersih yang tidak mengeringkan kulit dan cukup lakukan sebanyak dua kali sehari agar kelembaban alami kulit tidak berkurang.

2. Pengangkatan sel kulit mati

Sel kulit mati dapat menumpuk baik di permukaan kulit maupun dalam lubang pori-pori, langkah paling ampuh dalam menghilangkan tumpukan sel kulit mati tersebut adalah dengan menjalankan tehnik eksfoliasi.

Eksfoliasi merupakan salah satu metode dalam perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan bahan alami atau produk komersil.

Silahkan anda pilih sendiri apakah akan menggunakan produk komersil atau membuatnya sendiri, bagi yang tertarik untuk membuatnya silahkan baca panduannya di sini.

3. Gunakan produk terbaik

Bagi yang lebih memilih menggunakan produk komersil untuk membersihkan pori-pori atau eksfoliasi, pastikan agar produk yang digunakan memiliki kualitas baik. Ingatlah selalu agar tidak pernah sekalipun beruji coba pada produk yang tidak jelas kualitasnya.

Penggunakan produk yang salah atau kurang tepat dapat menimbulkan efek dan kerusakan pada permukaan kulit, untuk itu pastikan untuk tidak melakukan eksperimen dengan kulit anda, belilah produk perawatan kulit yang memang diketahui oleh masyarakat umum memiliki khasiat nyata.

4. Facial secara teratur

Metode perawatan kulit ini juga diketahui dapat membersihkan pori-pori dari tumpukan minyak berlebih, sel kulit mati dan kotoran. Kita hanya perlu melakukan metode ini satu sampai dua kali setiap bulannya.

tags: